PERTANGGUNG-JAWABAN PIDANA PENGUNGGAHAN BUKU ELEKTRONIK SECARA ILEGAL MELALUI JARINGAN INTERNET (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Rembang dan Polres Rembang)

Srinando, Inggit Restu (2022) PERTANGGUNG-JAWABAN PIDANA PENGUNGGAHAN BUKU ELEKTRONIK SECARA ILEGAL MELALUI JARINGAN INTERNET (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Rembang dan Polres Rembang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800196_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)

Abstract

Penelitian dengan judul Pertanggung-Jawaban Pidana Pengunggahan Buku Elektronik Secara Ilegal Melalui Jaringan Internetini bertuan untuk mematakan masalah yang berkaitan dengan tindak pidana pengunggahan buku elektronik secara ilegal dan berusaha untuk mencari solusi dari permasalahan-permasalahan tersebut, mulai dari bagaimana cara pertanggung-jawaban pidana dari tindak pengunggahan ilegal tersebut, kendala-kendala yang dihadapi, serta bagaimana cara mengatasi kendala-kendala yang muncul atas upaya pertanggung-jawaban tersebut. Sehingga dapat memberikan sebuah informasi kepada masyarakat serta masukan kepada aparat penegak hukum mengenai sebuah tindak pidana baru yang muncul sebagai respon dari adanya perkembangan teknologi dimasa yang dewasa ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dimana data yang telah didapat baik melalui wawancara secara langsung ataupun dari berbagai bahan kepustakaan dan peraturan perundang-undangan diselaraskan secara sistematis untuk dapat menjelaskan permasalahan yang diteliti serta guna memperoleh suatu kesimpulan utuh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan pengunggahan buku elektronik ataupun buku konvensional yang telah diubah ke bentuk digital ialah suatu tindakkan ilegal yang didalamnya terdapat sanksi pidana karena telah merampas hak ekonomi dan intelektual yang dimiliki oleh penulis ataupun penerbit, dengan demikian Pengadilan Negeri dapat memutus apabila terdapat perkara yang muncul atas aduan dari pihak penerbit dan/atau penulis. tindakan penggunggahan ilegal yang dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi dan digitalisasi membuat pihak Kepolisian ataupun Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual kesulitan dalam hal menemukan data asli dan keberadaan dari terlapor, sehingga diperlukan adanya pelatihan dan peningkatan baik dalam hal sarana prasarana dan kemampuan di tubuh kepolisian ataupun Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual di aspek penggunaan dan ketersediaan teknologi yang memadai. Kata Kunci : Buku Elektronik, Ilegal, Pertanggung-Jawaban Pidana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:15
Last Modified: 09 Jan 2023 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25923

Actions (login required)

View Item View Item