TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PERJANJIAN JUAL BELI LELANG DALAM TRANSAKSI ONLINE (Studi pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kota Semarang)

Darmawan, Indra (2022) TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PERJANJIAN JUAL BELI LELANG DALAM TRANSAKSI ONLINE (Studi pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800195_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)

Abstract

Saat era globalisasi seperti ini, tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi telah berkembang pesat. Berkembangnya teknologi dalam berbagai aspek tentu berdampak juga bagi kehidupan manusia, mulai dari komunikasi, kehidupan sehari-hari, sekarang semua menjadi lebih praktis karena berkembangnya teknologi. Dampak globalisasi mengenai salah satu aspek yakni aspek pelayanan di bidang pemerintah, seperti hal nya penyelenggaraan lelang yang dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) kota semarang, Menjual kendaraan dinas operasionalnya dengan cara lelang online melalui website www.lelang.go.id. merupakaan website resmi KPKNL kota semarang yang digunakan untuk menjual kendaraan dinasnya melalui internet. Riset ini bertujuan untuk mengkaji prosedur pengajuan lelang online dalam penjualan barang di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) kota semarang dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan lelang online oleh KPKNL kota semarang dan upaya penyelesaiannya. Riset ini menggunakan metode riset berupa pendekatan yuridis sosiologis yakni menghadapi berbagai masalah yang dikaji sesuai dengan peraturan perundangan yang ada, yang dikaitkan dengan realita yang ada di masyarakat dan data yang digunakan merupakan data primer, sinkron dengan realita di lapangan. Selain itu, ditunjang pula dengan data sekunder yakni buku, literature yang berkaitan dengan objek riset. Temuan riset yang diperoleh memperlihatkan alasan pelaksanaan lelang online yang diselenggarakan KPKNL Kota Semarang adalah berdasarkan arahan dari Menteri Keuangan yang bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dalam pelaksanaan lelang di KPKNL. Seluruh kegiatan pengajuan permohonan lelang dilaksanakan melalui Portal Lelang Indonesia baik melalui website maupun aplikasi di android, pemohon lelang juga harus memiliki akun di Portal Lelang Indonesia untuk mengajukan permohonan maupun menjadi peserta lelang. Meskipun dalam pelaksanaan lelang online di KPKNL Kota Semarang masih ditemui beberapa permasalahan yang sumbernya dari faktor eksternal dan faktor internal, namun pihak KPKNL Kota Semarang terus berusaha berbenah dengan melakukan upaya-upaya untuk mengatasi kendala tersebut untuk mengoptimalkan pelaksanaan lelang online di KPKNL Kota Semarang. Kata Kunci : Perjanjian Jual Beli, Lelang, Transaksi Online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:15
Last Modified: 09 Jan 2023 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25922

Actions (login required)

View Item View Item