PERAN BNN DALAM ASESMEN TERHADAP PELAKU PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA BAGI DIRI SENDIRI ( Studi Kasus Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah )

Pratama, Hanung Bagus (2022) PERAN BNN DALAM ASESMEN TERHADAP PELAKU PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA BAGI DIRI SENDIRI ( Studi Kasus Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800178_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)

Abstract

Narkotika merupakan zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Dampak dari penyalahgunaan narkotika ini dapat menimbulkan efek yang sangat berbahaya, pengguna dapat mengalami kerusakan syaraf motorik dalam tubuh maupun kerusakan mental yang diakibatkan dari penggunaan narkotika yang berlebihan. Badan Narkotika Nasional memiliki tugas yaitu untuk menerapkan P4GN yaitu Pengawasan,Pencegahan, pemberantasan penyalahguna, dan pemberantasan pengedar narkotika. Metode penelitian yang merupakan penelitian hukum sosiologis dinamakan juga penelitian lapangan. Penelitian hukum sosilogis bertitik tolak melalui data primer, data primer adalah data yang didapatkan langsung melalui masyarakat selaku sumber pertama lewat penelitian lapangan. Perolehan data primer dari penelitian lapangan biasa dilakukan baik lewat penyebaran kuisioner, pengamatan, serta wawancara. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peran Badan Narkotika Nasional Dalam Asesmen ini sebagai leading sector yaitu sebagai penggerak dalam pelaksanaan Asesmen. Dalam pelaksanaan asesmen dibagi menjadi dua tim yaitu tim medis dan tim hukum yang saling berkontribusi untuk mengungkap & menentukan penyalahguna narkotika dapat dikatakan sebagai Penyalahguna, atau terikat dalam sindikat peredaran narkotika. Kata Kunci: Narkotika, Badan Narkotika Nasional, Asesmen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:46
Last Modified: 06 Jan 2023 07:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25916

Actions (login required)

View Item View Item