TINJAUAN YURIDIS DISPARITAS PEMIDANAAN DALAM PERKARA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (Studi Putusan No.101/Pid.Sus/2022PN Smn dan No.68/Pid.Sus/2020/PN)

Wasim, Muhammad Shidqi Adlian (2022) TINJAUAN YURIDIS DISPARITAS PEMIDANAAN DALAM PERKARA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (Studi Putusan No.101/Pid.Sus/2022PN Smn dan No.68/Pid.Sus/2020/PN). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301900242_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)

Abstract

Disparitas pidana merupakan penjatuhan pidana yang tidak sama terhadap tindak pidana yang sama atau terhadap tindak pidana yang sifat bahayanya dapat diperbandingkan tanpa dasar pembenaran yang jelas. Putusan hakim dalam perkara pidana anak pada prakteknya terjadi disparitas pemidanaan. Oleh karena itu, masalah penjatuhan hukuman tidak hanya penting bagi hakim dan proses peradilan, namun juga bagi proses hukum secara keseluruhan terutama dalam hal penegakan hukum. Dimana dalam hal ini menimbulkan sanksi pidana yang berbeda diantara anak pelaku tindak pidana tersebut.Disparitas Putusan tak bisa dilepaskan dari diskresi hakim menjatuhkan hukuman dalam suatu perkara pidana. Dalam penelitian ini penulis akan menelitis kasus narkotika pada Putusan Nomor 101/Pid.Sus/2022PN Smn dan Nomor 68/Pid.Sus/2020/PN Smn. Penulis akan membahas apa saja faktor yang bisa menyebabkan terjadinya disparitas pemidanaan, kemudian dasar pertimbangan hakim dan juga yang terakhir adalah hambatan seorang hakim dalam memutus suatu perkara. Pendekatan yang akan digunakan adalah pendekatan yang bersifat Yuridis Sosiologis. Adapaun sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari studi lapangan dengan wawancara. Dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa disparitas pemidanaan terjadi karena berbagai macam hal yang menjadikan Putusan Majelis hakim tersebut bisa berbeda terhadap satu Putusan dengan Putusan yang lain dalam satu kasus yang sama. Kata kunci : Disparitas, Pemidanaan, Narkotika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:46
Last Modified: 06 Jan 2023 07:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25915

Actions (login required)

View Item View Item