UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN DI KABUPATEN TEGAL (Studi Kasus Polres Tegal)

MULIA, FINA ADINDA (2022) UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN DI KABUPATEN TEGAL (Studi Kasus Polres Tegal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800163_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)

Abstract

Penelitian ini, berjudul Upaya Kepolisian Dalam Penegakan Hukum Terhadap Pelanggar Protokol Kesehatan Di Kabupaten Tegal (Studi Kasus Polres Tegal) penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepolisian dalam penegakan hukum terhadap pelanggar protokol kesehatan pandemi Covid-19 di Kabupaten Tegal, untuk mengetahui sanksi yang dapat diberikan oleh kepolisian dalam penegakan hukum terhadap pelanggar protokol kesehatan di Kabupaten Tegal, untuk mengetahui hambatan dan solusi pada upaya kepolisian dalam penegakan hukum terhadap pelanggar protokol kesehatan pandemi Covid-19 di Kabupaten Tegal. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis empiris, Sumber data diperoleh dari beberapa tahapan yaitu melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan cara yang terdiri dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya penegakan hukum oleh kepolisian terhadap pelanggar protokol kesehatan Covid-19 di Kabupaten Tegal bisa diamati dengan berbagai cara yang dilangsungkan Kepolisian Resor Tegal (Polres Kabupaten Tegal) seperti upaya pre-emtif, upaya preventif hingga tindakan represif. Ketiga upaya tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tegal. Di Kabupaten Tegal dalam pemberian sanksi administratif pelaksanaannya dilakukan oleh Satpol PP, salah satu instansi yang berkoordinasi dengan Satpol PP adalah Kepolisian Resort Tegal (Polres Kabupaten Tegal). Sanksi yang dapat diberikan oleh Kepolisian Resort Tegal (Polres Kabupaten Tegal) yaitu berupa sanksi teguran tertulis, sanksi sosial dan sanksi fisik. faktor pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Tegal seperti kurangnya kesadaran akan bahaya dari virus corona, faktor ekonomi, masyarakat yang sudah bosan menggunakan masker selama masa pandemi dan masyarakat yang tidak peduli himbauan pemerintah berupa penerapan social distancing. Akibat hambatan ini, Kepolisian Resort Tegal (Polres Kabupaten Tegal) mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas untuk menegakan hukum bagi pelanggar protokol kesehatan Covid-19. Solusi yang dapat diterapkan untuk Kepolisian Resort Tegal (Polres Kabupaten Tegal) dalam penegakan hukum terhadap pelanggar protokol kesehatan Covid-19 adalah perlu adanya tindakan ketat saat pelaksanaan patroli atau menjalankan operasi yustisi dan jangan lelah untuk memberikan informasi mengenai pentingnya protokol kesehatan Covid-19 di masa pandemi seperti ini. Kata Kunci : Penegakan Hukum, Kepolisian, COVID-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:43
Last Modified: 06 Jan 2023 07:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25906

Actions (login required)

View Item View Item