TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA DI KABUPATEN DEMAK (Studi Putusan Nomor44/Pid.B/2016/PN Dmk)

Huda, Febian Akmal (2022) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA DI KABUPATEN DEMAK (Studi Putusan Nomor44/Pid.B/2016/PN Dmk). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800159_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan yuridis tindak pidana pembunuhan berencana di Kabupaten Demak putusan nomor 44/Pid.B/2016/PN Dmk dan pertimbangan hakim dalam memberikan hukuman kepada pelaku tindak pidana pembunuhan berencana putusan nomor 44/Pid.B/2016/PN Dmk. Penelitian ini dilaksanakan di Pengadilan Negeri Demak. Untuk mencapai tujuan dari penelitian tersebut peneliti mengunakan metode penelitian Yuridis Sosiologis. Selain itu, dalam penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode wawancara lansung dengan hakim Pengadilan Negeri Demak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a) tinjauan yuridis tindak pidana pembunuhan berencana hukum dalam putusan nomor 44/Pid.B/2016/PN Dmk adalah tepat. Jaksa penuntut umum menggunakan dakwaan yaitu dakwaan kesatu primair Pasal 340 KUHP, dakwaan subsidiair Pasal 338 KUHP, dakwaan lebih subsidair Pasal 351 ayat (3) KUHP dan dakwaan kedua Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Diantara pasal - pasal didakwakan oleh jaksa penuntut umum tersebut, dengan mempertimbangkan dakwaan kesatu Primair yang terbukti secara sah dan meyakinkan dilakukan oleh terdakwa. b) pertimbangan majelis hakim dalam menjatuhkan putusan Nomor 44/Pid.B/2016/PN Dmk menurut penulis sudah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku seperti yang diharapkan penulis. Karena berdasarkan keterangna saksi dan terdakwa yang dalam kasus ini diteliti penulis, majelis hakim berdasarkan fakta dipersidangan menilai bahwa terdakwa dapat mempertanggung jawabkan perbuatannya dengan pertimbangan bahwa pada saat terdakwa melakukan perbuatannya terdakwa dalam keadaan sadar dan mengetahui akibat dari yang ditimbulkan oleh perbuatannya. Sehingga majelis hakim menjatuhkan pidana 18 tahun penjara atas tindak pidana dengan sengaja dan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain. Kata Kunci : Tindak Pidana, Pembunuhan, Berencana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:42
Last Modified: 06 Jan 2023 07:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25904

Actions (login required)

View Item View Item