HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PEMBERIAN ANTIBIOTIK DENGAN RESISTENSI ANTIBIOTIK PADA PASIENINTENSIVE CARE UNITRUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG Periode Januari 2013 – November 2014

Kahfi, Ashabul (2015) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PEMBERIAN ANTIBIOTIK DENGAN RESISTENSI ANTIBIOTIK PADA PASIENINTENSIVE CARE UNITRUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG Periode Januari 2013 – November 2014. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[img]
Preview
Text
KTI_Ashabul Kahfi_312110008_Cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI_Ashabul Kahfi_312110008_Daftar Isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI_Ashabul Kahfi_312110008_Intisari.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penggunaan antibiotik di Rumah Sakit merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap munculnya resistensi antibiotik.Resistensi bakteri terhadap antibiotik merupakan masalah yang masih banyak terjadi di Intensive Care Unit (ICU).Peresepan antibiotik yang tidak tepat menjadi penyebab timbulnya epidemik bakteri resisten yang hasilnya meningkatkan morbiditas dan mortalitas. Ketidaktepatan penggunaan antibiotik pada pasien di Intensive Care Unit (ICU), baik dalam pemilihan antibiotik, durasi, waktu pemberian dapat pula memicu resistensi, membutuhkan biaya tinggi dan mengurangi efektifitas antibiotik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pemberian antibiotik dengan resistensi antibiotik pada pasien Intensive Care Unit (ICU)Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan catatan medik pada pasien ICU.Peneltian ini menggunakan 38 sampel diambil dengan metode simple random sampling.Penilaian kualitas penggunaan antibiotik menggunakan kriteria Gyssens yang dibagi dalam beberapa kategori mulai dari kategori I sampai kategori VI.Lalu dianalisis hubungan dengan terjadinya resistensi antibiotik.Analisis hubungan tiap variable kategorik menggunakan chi- square. Hasil uji Chi-Square diatas diperoleh nilai p value sebesar 0.528 yang membuktikan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kualitas pemberian antibiotik dengan kejadian MDRO. Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini bahwa tidak ada hubungan bermakna antara kualitas pemberian antibiotik dengan kejadian resistensi. Kata kunci : Penggunaan antibiotik, Kualitas pemberian antibiotik, Intensive Care Unit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 06 Aug 2015 08:56
Last Modified: 06 Aug 2015 08:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item View Item