PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PELAKSANAAN TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE MEBEL FURNITURE LUQMAN DAN PERMASALAHANNYA

Mantiqoh, Sinta Nuriyah Khusni (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PELAKSANAAN TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE MEBEL FURNITURE LUQMAN DAN PERMASALAHANNYA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800493_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)

Abstract

Pada era globalisasi ini, segala bidang kehidupan telah banyak yang berubah. Pekembangan sistem teknologi informasi dan komunikasi berperan penting dalam kehidupan sehari hari dan telah mengubah perilaku sosial serta peradaban manusia secara global. Pesatnya perkembangan teknologi di era ini menjadi penyebab perubahan aktivitas manusia di segala bidang, baik secara langsung atau tidak langsung berdampak pada cara bertransaks di bidang perdagangan, yaitu transaksi secara online (e-commerce). Transaksi e-commerce di Indonesia berkembang pesat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara pemesanan barang di e-commerce, permasalahan yang dialami, perlindungan hukum konsumen dan tanggung jawab hukum bagi para pihak dalam transaksi jual beli online. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis sosiologis, spesifikasi penelitian bersifat diskiptif analitis, sumber data di peroleh dengan sumber data primer melalui wawancara narasumber yaitu saudara Luqman sebagai penjual dan saudara Zainal sebagai pembeli dan sumber data sekunder diperoleh melalui studi kepustakan dan dokumen. Pelaksanaan jual beli melalui e-commerce terdiri dari 5 langkah yaitu penawaran, penerimaan, pembayaran, tahap proses barang dengan jangka waktu yang ditentukan saat transaksi dan pengiriman, permasalahan yang sering dialami antara lain kesalahan produk, informasi yang tidak jujur dan keterlambatan pengiriman, namun yang paling sering dialami adalah kesalahan produk dan keterlambatan pengiriman. Perlindungan hukum para pihak jual beli online diatur dalam Pasal 25 Undang-undang ITE tentang privacy dan Pasal 23 Undang-undang ITE tentang HAKI. alat bukti elektronik diatur dalam Pasal 5 ayat (1) Undang-undang ITE. Saran diperlukan sosialisasi Undang-undang ITE agar masyarakat memahami apa yang dimaksud didalam Undang-undang tesebut. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen, Jual Beli Online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:36
Last Modified: 06 Jan 2023 07:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25892

Actions (login required)

View Item View Item