TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PRODUK BARANG & ATAU JASA MELALUI E-COMMERCE DI TOKOPEDIA

Sistyananda, Faisal (2022) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PRODUK BARANG & ATAU JASA MELALUI E-COMMERCE DI TOKOPEDIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800150_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)

Abstract

Konsumen merupakan setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain maupun makhluk hidup lain. Sedangkan Perlindungan Konsumen adalah perangkat hukum yang diciptakan untuk melindungi dan terpenuhinya hak konsumen. Oleh karena itu Perlindungan hukum bagi konsumen diatur dalam berbagai peraturan perundang-undangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yuridis normatif dan yuridis empiris, dengan spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analisis. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen produk barang & atau jasa melalui e-commerce di Tokopedia, apa kendala-kendala yang timbul dalam perlindungan hukum terhadap konsumen produk barang & atau jasa melalui e-commerce di Tokopedia dan solusinya.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen produk barang & atau jasa melalui e-commerce di Tokopedia, untuk mengetahui kendala-kendala yang timbul dalam perlindungan hukum terhadap konsumen produk barang & atau jasa melalui e-commerce di tokopedia dan solusinya. Hasil penelitian menyebutkan bahwa Perlindungan hukum terhadap konsumen produk barang & atau jasa melalui e-commerce di Tokopedia dilakukan dengan cara memberikan kebebasan konsumen untuk mengajukan gugatan apabila pelaku usaha tidak memenuhi kewajibannya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UUITE), Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata) Pasal 1243 tentang Perbuatan Wanprestasi(ingkar janji), Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata) Pasal 1365-1366 tentang Perbuatan Melawan Hukum, Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 378 tentang Penipuan, kendala terhadap perlindungan hukum pada konsumen yang timbul dalam perlindungan hukum terhadap konsumen produk barang & atau jasa melalui e-commerce di Tokopedia antara lain di disebabkan oleh kurangnya sumber daya manusia baik customer service dan tenaga ahli seperti HRD, IT, Marketing dan lain sebagainya, server yang terkadang down mengakibatkan konsumen Tokopedia terganggu, miskomunikasi antara customer service dengan konsumen, akibat dari tingkat pemahaman konsumen berbeda-beda, tingkat pendidikan yang rendah konsumen merasa awam mekanisme perlindungan hukum yang Tokopedia hadirkan. Solusinya adalah dengan cara menambah jumlah tenaga dengan melakukan rekruitmen customer service dan tenaga ahli seperti HRD, IT, Marketing, serta memberikan KIE kepada konsumen dengan bahasa yang mudah dipahami. Bilamana terjadai pelanggaran hak konsumen maka konsumen dapat menuntut terhadap pelaku usaha karena telah berbuat kesalahan atau kelalaian. Kata Kunci : Perlindungan Hukum; Konsumen; Tokopedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:36
Last Modified: 06 Jan 2023 07:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25890

Actions (login required)

View Item View Item