TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERJANJIAN JUAL BELI TANAH DIBAWAH TANGAN DENGAN PUTUSAN VERSTEK (STUDI KASUS NOMOR : 59/Pdt.G/2018/PN.Smg)

Dewanto, Fahmi Putra (2022) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERJANJIAN JUAL BELI TANAH DIBAWAH TANGAN DENGAN PUTUSAN VERSTEK (STUDI KASUS NOMOR : 59/Pdt.G/2018/PN.Smg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800146_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tinjauan Yuridis Terhadap Perjanjian Jual Beli Tanah Dibawah Tangan Dengan Putusan Verstek” (Studi Kasus Putusan Nomor: 59/Pdt.G/2018/PN.Smg) Perjanjian jual beli merupakan kegiatan yang sering dijumpai dalam kehidupan ini, termasuk perjanjian jual beli tanah dibawah tangan. Didalam hukum acara perdata di Indonesia didalamnya terdapat putusan verstek. Adapun masalah yang penulis angkat dalam skripsi ini yaitu Bagaimana tinjauan yuridis tentang perjanjian jual beli tanah di bawah tangan pada Studi Kasus Putusan Nomor: 59/Pdt.G/2018/PN.Smg? dan Apakah dasar pertimbangan hakim dalam memutuskan sengketa perjanjian jual beli tanah di bawah tangan dengan putusan verstek pada Studi Kasus Putusan Nomor: 59/Pdt.G/2018/PN.Smg? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif penelitian yang lebih menekankan kepada penggunaan data sekunder. Spesifikasi penelitian ini bersifat Deskriptif. Sumber data penulis menggunakan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tahap penelaahan data sekunder itu dinamakan dokumentasi, yakni komponen berdasarkan studi kepustakaan (bibliography study). Analisis data yang digunakan adalah analisis data secara kualitatif. Selanjutnya diuraikan dan disimpulkan dengan memakai metode secara deduktif. Simpulan dari skripsi ini adalah perjanjian jual beli tanah dibawah tangan pada studi kasus putusan No. 59/Pdt.G/2018/PN.Smg, diantaranya sudah memenuhi syarat sah perjanjian, terdapatnya alat bukti berupa bukti-bukti surat, terdapatnya dua saksi, karena tanah dan bangunan tesebut masih atas nama tergugat maka proses balik nama atas sertifikat hak guna bangunan perlu diajukan gugatan melalui Pengadilan Negeri Semarang, Hakim telah mengadakan pemeriksaan setempat atas objek perkara, perjanjian jual beli dibawah tangan ini didalamnya juga terdapat asas tunai. Maka dari itu perjanjian jual beli tanah di bawah tangan dalam putusan perkara ini telah sesuai dengan KUHperdata dan Hukum Acara Perdata serta peraturan perudangan-undangan lain yang bersangkutan. Dasar pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara No. 59/Pdt.G/2018/PN.Smg dengan putusan verstek dikarenakan pengadilan telah melakukan panggilan kepada tergugat tetapi tidak hadir atau tidak menyuruh wakil atau kuasanya yang sah untuk hadir dalam persidangan, panggilan tersebut sudah sebanyak tiga kali kepada tergugat, dikarenakan itu juga usaha mediasi tidak dapat diupayakan sehingga persidangan dilanjutkan, hakim berkesimpulan bahwa penggugat telah dapat membuktikan seluruh dalil gugatannya maka sudah sepatutnya gugatan penggugat dikabulkan untuk seluruhnya dengan verstek dan putusan diucapkan pada persidangan terbuka untuk umum. Maka dari itu putusan Hakim dengan putusan verstek dalam perkara ini telah sesuai dengan Hukum Acara Perdata, KUHPerdata, UU No. 48 Tahun 2009 dan Perma No.1 Tahun 2016. Kata Kunci : perjanjian, jual beli, tinjauan yuridis, putusan verstek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 06:28
Last Modified: 06 Jan 2023 06:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25889

Actions (login required)

View Item View Item