TINJAUAN YURIDIS PROSES PENYIDIKAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus di Polres Demak)

Wahyuni, Elvi (2022) TINJAUAN YURIDIS PROSES PENYIDIKAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus di Polres Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800142_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Tinjauan Yuridis Proses Penyidikan terhadap Pelaku Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus di Polres Demak), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyidikan terhadap pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh kepolisian di Polres Demak. Serta untuk mengetahui hambatan-hambatan dan solusi yang dihadapi kepolisian dalam proses penyidikan terhadap pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data diperoleh dari beberapa tahapan yaitu melalui penelitian lapangan (wawancara) dan penelitian pustaka. Analisis data dengan cara sistematis melipui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa Narkoba di satu sisi merupakan obat atau bahan yang dimanfaatkan di bidang pengobatan atau pelayanan kesehatan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Namun, di sisi lain dapat pula menimbulkan ketergantungan yang sangat merugikan apabila disalahgunakan atau digunakan tanpa pengendalian dan pengawasan yang ketat dan seksama. Dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, segala sesuatu tindakan yang mengekspor, mengimpor, memproduksi, menanam, menyimpan, mengedarkan, dan atau menggunakan narkotika beserta sanksinya telah diatur di dalamnya yang bertujuan untuk menanggulangi dan memberantas tindak pidana penyalahgunaan narkotika tersebut. Penggunaan narkotika tanpa pengendalian dan pengawasan yang ketat dan seksama sangat merugikan dan merupakan bahaya yang sangat besar bagi kehidupan manusia, masyarakat, bangsa, dan Negara serta ketahanan nasional Indonesia. Apabila dilihat di Polres Demak dari tahun ke tahun, angka pelaku tindak pidana narkotika meningkat. Jadi, pelaksanaan penyidikan terhadap pelaku tindak pidana narkotika di Polres Demak saat ini sudah berjalan sesuai dengan aturan, yaitu berdasarkan KUHAP, tetapi pelaksanaannya belum efektif karena dalam hal ini masih ditemukan faktor-faktor penghambat terhadap pelaksanaan penyidikannya, sehingga tidak terlaksananya pelaksanaan penyidikan yang efektif. Selain dari itu, di Polres demak juga mengupayakan solusi-solusi untuk mengatasi meningkatnya kasus penyalahgunaan Narkotika, terlebih lagi di kalangan pelajar dan mahasiswa. Kata Kunci : Penyidikan, Pelaku, Tindak Pidana, Narkotika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:31
Last Modified: 06 Jan 2023 07:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25887

Actions (login required)

View Item View Item