IMPLEMENTASI HAK IMUNITAS ADVOKAT DALAM MEMBERIKAN JASA HUKUM KEPADA KLIEN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2003 TENTANG ADVOKAT (Studi Kasus Perkara Nomor 110/Pid.B/2020/PN Pwr)

Putra, Donny Setiawan Permana (2022) IMPLEMENTASI HAK IMUNITAS ADVOKAT DALAM MEMBERIKAN JASA HUKUM KEPADA KLIEN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2003 TENTANG ADVOKAT (Studi Kasus Perkara Nomor 110/Pid.B/2020/PN Pwr). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800135_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Fenomena mengenai sengketa hukum kini menjadi permasalahan yang harus ditangani oleh para Advokat. Dalam memberikan layanan jasa profesional, Advokat memiliki hak tersendiri yang digunakan untuk mempertahankan kredibilitasnya sehubungan dengan pembelaan klien. Hak Imunitas Advokat dalam Pasal 16 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat menjelaskan bahwa advokat tidak dapat dituntut, baik secara perdata maupun pidana dalam menjalankan tugas profesinya dengan itikad baik untuk kepentingan pembelaan klien. Fenomena sengketa hukum sering terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Pengacara yang bertindak sebagai penegak hukum di Indonesia berhak atas kekebalan dalam menjalankan profesinya. Masalah baru muncul ketika pengacara memberikan jasa hukum, terutama ketika pengacara membela kliennya. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa hak imunitas dari para Advokat terkadang dikesampingkan dan justru para Advokat bahkan dituntut oleh kliennya. Adanya fenomena tersebut memantik jiwa penulis untuk mengambil penelitian dengan judul Implementasi Hak Imunitas Advokat dalam memberikan jasa hukum kepada Klien menurut Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah memberikan analisis mengenai bagaimana pengaturan Hak Imunitas Advokat dalam pembelaan kepada Klien dan Implementasi Hak Imunitas Advokat dalam memberikan jasa hukum kepada klien pada Studi Kasus Perkara Nomor 110/Pid.B/2020/PN Pwr. Metode penelitian yang digunakan kali ini adalah yuridis sosiologis. Jenis penelitian kali ini termasuk kedalam deskriptif analitis, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung dengan advokat atau penasehat hukum dan studi kepustakaan. Hasil penelitian mendapati bahwa Implementasi Hak Imunitas Advokat dalam memberikan Jasa Bantuan Hukum kepada klien Studi Kasus Perkara Nomor 110/Pid.B/2020/PN Pwr belum cukup efektif dan belum sesuai dengan Pasal 16 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Kata Kunci: Advokat, Hak Imunitas, Jasa Hukum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:30
Last Modified: 06 Jan 2023 07:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25884

Actions (login required)

View Item View Item