TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERJANJIAN PENGEMBALIAN BARANG CASH ON DELIVERY (COD) YANG TELAH DIBUKA (Studi Kasus Pada J&T Ekspress Bandungan)

AZIZ, MUHAMMAD YAVITS HISYAM (2022) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERJANJIAN PENGEMBALIAN BARANG CASH ON DELIVERY (COD) YANG TELAH DIBUKA (Studi Kasus Pada J&T Ekspress Bandungan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800458_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)

Abstract

Sistem Jual Beli Online sangat membantu orang-orang yang tidak mau repot dengan masalah tawar-menawar atau harus datang ke tempat perbelanjaan. Dengan berkembangnya teknologi sekarang ini Sistem Jual Beli Online sudah mulai menjadi transaksi yang sudah banyak diminati oleh masyarakat. Pengiriman adalah kegiatan pemasaran untuk memudahkan dalam penyampaian produk dari produsen kepada konsumen. Manfaat pengiriman berdasarkan definisi sebelumnya adalah kegiatan pengalih pindah tangan kepemilikan suatu barang atau jasa. Kegiatan pengiriman menciptakan arus saluran pemasaran atau arus saluran pengiriman.Perjanjian adalah suatu perbuatan dengan mana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang lain atau lebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan perjanjian pengiriman barang Cash On Delivery (COD) di J&T Express Bandungan Cash on Delivery (COD) memiliki suatu pembayaran yang diterima oleh penjual setelah orderan sampai ke tangan konsumen. Cash on Delivery (COD) merupakan istilah untuk pembayaran yang disepakati. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris. Pendekatan yuridis empiris yakni dilakukan dengan melihat kenyataan yang ada dalam praktek dilapangan. Pendekatan ini dikenal pula dengan pendekatan secara sosiologis yang dilakukan secara langsung ke lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan perjanjian pengiriman barang Cash On Delivery (COD) di J&T Express Bandungan didapatkan bahwa masih terjadi beberapa kendala dan masalah yang diakibatkan beberapa faktor tertentu, contohnya akibat kemalasan membaca dari pihak konsumen dalam memakai jasa kirim J&T Express Bandungan ataupun pihak pengiriman barang yang kurang dalam mengarahkan konsumen untuk lebih berhati-hati dan membaca syarat ketentuan yang berlaku. Kata kunci : Perjanjian, Barang, Cash On Delivery (COD)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:11
Last Modified: 06 Jan 2023 07:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25863

Actions (login required)

View Item View Item