PERAN KEPALA DESA DALAM KONVERSI HAK ATAS TANAH DARI SURAT LETTER C MENJADI SERTIFIKAT HAK MILIK (Studi Kasus di Desa Tunggul Pandean Kabupaten Jepara)

Wicaksana, Bagus Arta (2022) PERAN KEPALA DESA DALAM KONVERSI HAK ATAS TANAH DARI SURAT LETTER C MENJADI SERTIFIKAT HAK MILIK (Studi Kasus di Desa Tunggul Pandean Kabupaten Jepara). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800088_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini, berjudul Peran Kepala Desa Dalam Konversi Hak Milik Atas Tanah Dari Surat Letter C Menjadi Sertifikat Hak Milik (Studi Kasus di Desa Tunggul Pandean Kabupaten Jepara), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Kepala Desa dalam konversi hak milik atas tanah dari surat Letter C menjadi sertifikat hak milik,untuk mengetahui proses pelaksanaan konversi tanah surat letter c menjadi sertifikat hak milik di Desa Tunggul Pandean Kabupaten Jepara serta untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam proses pelaksanaan konversi tanah letter c menjadi sertifikat hak milik di Desa Tunggul Pandean Kabupaten Jepara Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data diperoleh dari beberapa tahapan yaitu melalui penelitian lapangan (wawancara) dan penelitian pustaka. analisis data dengan cara sistematis melipui reduksi data, penyajian Data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa Peran kepala desa dalam konversi hak milik atas tanah dari surat letter c menjadi sertifikat hak milik yaitu peran kepala desa sangatlah berperan penting dikarenakan karena kedudukan kepala desa dalam hal ini sebagai pihak yang melegalkan dan pihak yang mengetahui di dalam dokumen-dokumen bukti permulaan atau riwayat tanah tersebut. Tanpa adanya alat-alat bukti permulaan yang dikeluarkan dan di legalkan oleh kepala desa maka proses konversi tentunya tidak dapat berjalan. Proses pelaksanaan konversi tanah surat letter c menjadi sertifikat hak milik di desa tunggul pandean kabupaten jepara yaitu dengan melalui beberapa tahap antara lain masyarakat melakukan Permohonan Pendaftaran dan Pengukuran, Pengumpulan dan Penelitian Data Yuridis Bidang Tanah, Pengumuman Data Fisik dan Data Yuridis dan Pengesahannya, Penegasan Konversi dan Pengakuan Hak, Pembukuan Hak, Penerbitan Sertipikat, Penyajian Data Fisik dan Yuridis serta Penyimpanan Daftar Umum dan Dokumen. Hambatan dan solusi dalam proses pelaksanaan konversi tanah letter c menjadi sertifikat hak milik di desa tunggul pandean kabupaten jepara yaitu hambatan yang terjadi dikarenakan masyarakat masih memiliki kesadaran yang rendah akan pentingnya bukti kepemilikan tanah berupa sertifikat hak milik, masih mahalnya biaya pendaftaran dan tidak terupdatenya mutasi-mutasi dari pemerintahan desa terdahulu, solusi dari hambatan tersebut yaitu dengan cara sosialisasi kepada masyarakat pentingnya tertib administrasi pertanahan, mengikut sertakan masyarakat yang keberatan dengan biaya kedalam program PRONA dan menjalin hubungan baik dengan pemerintahan desa sebelumnya. Kata Kunci : Letter C, Kepala Desa, Sertifikat Hak Milik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:07
Last Modified: 06 Jan 2023 07:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25853

Actions (login required)

View Item View Item