PERLINDUNGAN HUKUM DALAM PENYIDIKAN TERHADAP ANAK DIBAWAH UMUR YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN (STUDI KASUS DI POLRES SEMARANG)

NUGROHO, ADITYA (2022) PERLINDUNGAN HUKUM DALAM PENYIDIKAN TERHADAP ANAK DIBAWAH UMUR YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN (STUDI KASUS DI POLRES SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800400_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Tindak pidana yang dilakukan oleh anak dewasa ini semakin beragam, salah satunya terjadi di wilayah hukum Polisi Resor Semarang, yakni pencurian dengan pemberatan. Permasalahan dalam skripsi ini adalah: Apakah faktor yang menyebabkan anak dibawah umur melakukan tindak pidana pencurian, bagaimana perlindungan hukum dalam penyidikan terhadap anak dibawah umur yang melakukan tindak pidana pencurian, serta bagaimana hambatan perlindungan hukum dalam penyidikan terhadap anak dibawah umur yang melakukan tindak pidana pencurian. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara yuridis sosiologis, jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis secara yuridis sosiologis dengan menggabungkan data kuantitatif dan data kualitatif kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlindungan hukum terhadap penyidikan anak dibawah umur sebagai pelaku tindak pidana pencurian, yakni tersangka terbukti melanggar Pasal 362 KUHP dan dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani. Saran dalam penelitian ini yaitu penyidikan yang dilakukan seharusnya mempertimbangkan keadaan pelaku yang masih anak dibawah umur, maka hal ini tentunya mensyaratkan mengenai bentuk rehabilitasi dan pembinaan. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Anak, Pencurian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 06:37
Last Modified: 06 Jan 2023 06:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25836

Actions (login required)

View Item View Item