ANALISIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP PENYELESAIAN KASUS SENGKETA TANAH (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI DEMAK NOMOR.13/Pdt.G/2021/PN. Dmk)

Almuniroh, Almuniroh (2022) ANALISIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP PENYELESAIAN KASUS SENGKETA TANAH (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI DEMAK NOMOR.13/Pdt.G/2021/PN. Dmk). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800038_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)

Abstract

Tidak dapat dipungkiri dari kehiduppan sehari – hari masih banyak masyarakat yang melakukan jual – beli rumah dan tanah dengan cara over kredit. Perjanjian jual – beli yang dilakukan dihadapan Notaris merupakan suatu hal yang seharusnya wajib dilakukan tetapi akan lebih baik untuk mempertimbangkan Kembali pada saat akan melakukan balik nama atas rumah dan tanah yang dibeli, contohnya pada kasus sengketa objek tanah Putusan Pengadilan Nomor 13/Pdt.G/2021/PN.Dmk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaiman putusan hakim dalam menyelesaikan kasus sengketa tanah yang terjadi pada Putusan No.13/Pdt.G/2021/PN.Dmk dan bagaimana hak bagi pihak Penggugat dan Tergugat dalam kasus sengketa tanah. Penelitian ini menggunakan metode Yuridis Sosiologis. Selain itu, dalam penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data: metode kepustakaan terhadap bahan-bahan hukum, baik bahan hukum sekunder maupun bahan hukum primer dan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Analisis putusan perkara No.13/Pdt.G/2021/PN.Dmk majelis hakim memberi ijin kepada Penggugat untuk memberikan surat resmi dari Pengadilan kepada pihak Tergugat II (PT. Bank Tabungan Negara (persero) Cabang Kota Semarang) supaya menyerahkan sertifikat rumah dan tanah agar dapat segera melakukan balik nama mengabulkan gugatan penggugat untuk mengabulkan seluruh gugatan dengan verstek. Hakim juga telah menelaah dengan baik isi Pasal 181 HIR mengenai apabila yang kalah harus membayar biaya perkara dan Pasal 125 HIR terutama pada butir ke 3 dan 5, pada ketidak hadiran Penggugat saja. Hakim juga telah memperhatikan kekhususan jual beli tanah yang diatur didalam Undang – Undang Pokok Agraria (UUPA) serta perjanjian dalam jual beli tanah. Kata Kunci: Perjanjian Jual Beli, Kasus Sengketa Objek Tanah, Putusan Verstek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 06:11
Last Modified: 06 Jan 2023 06:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25818

Actions (login required)

View Item View Item