TINJAUAN YURIDIS DALAM PERJANJIAN PELAKSANAAN KERJASAMA SECARA TIDAK TERTULIS TERHADAP PEMUTUSAN PERJANJIAN SECARA SEPIHAK (ANTARA CV. MENTARI ABADI DENGAN PT. COCACOLA AMATIL UNGARAN)

Pagelaran, Tantu (2022) TINJAUAN YURIDIS DALAM PERJANJIAN PELAKSANAAN KERJASAMA SECARA TIDAK TERTULIS TERHADAP PEMUTUSAN PERJANJIAN SECARA SEPIHAK (ANTARA CV. MENTARI ABADI DENGAN PT. COCACOLA AMATIL UNGARAN). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800362_fullpdf.pdf

Download (939kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami kapan lahirnya perjanjian kerjasama yang dilakukan secara tidak tertulis oleh kedua perusahaan tersebut pada sektor hubungan bisnis, dan untuk mengetahui dan memahami berakhirnya perjanjian yang dibuat secara tidak tertulis yang terjadi antara CV. Mentari Abadi dengan PT. Cocacola Amatil Ungaran. Metode Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian hukum ini adalah secara yuridis normatif adalah dimana hukum dikonsepkan sebagai apa yang tertulis dalam peraturan perundang – undangan (law in book) atau hukum dikonsepkan sebagai kaidah atau norma yang merupakan patokan berperilaku manusia yang dianggap pantas. Penelitian hukum normatif didasari kepada bahan hukum primer dan sekunder, yaitu penelitian ini mengacu kepada norma – norma yang terdapat dalam peraturan perundang – undangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa lahirnya perjanjian karena terjadinya peristiwa perjanjian kerjasama yang dilakukan secara tidak tertulis atau lisan yang melibatkan antara CV. Mentari abadi dengan PT. Cocacola amatil ungaran dimana keduanya saling bersepakat untuk saling menjalin kerjasama dalam bisnis. Dan berakhirnya perjanjian kerjasama yang dilakukan kedua belah pihak tersebut ialah dengan disebabkannya salah satu pihak melakukan pemutusan perjanjian kerjasama secara sepihak yang menyebabkan kerugian pada pihak lain secara materiil dan immateril. Yang lalu pihak yang dirugikan melakukan tuntutan ganti rugi yang disebabkan oleh PT. Cocacola amatil ungaran dengan berupa uang untuk memenuhi haknya yang belum terpenuhi. Dengan hasil tuntutan itu disampaikan langsung kepada pihak PT. Cocacola amatil ungaran dan bersedia bertanggung jawab dan mengganti rugi atas kerugian yang disebabkannya dengan membayar tagihan uang untuk memenuhi haknya. Karena diputuskan oleh salah satu pihak sehingga dinyatakan wanprestasi, yang diatur dalam Pasal 1381 KUHPerdata tentang berakhirnya perjanjian disebabkan oleh salah satunya yaitu diputuskan oleh salah satu pihak. Kata Kunci: Perjanjian kerjasama, Pemutusan Perjanjian Secara Sepihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:50
Last Modified: 06 Jan 2023 02:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25806

Actions (login required)

View Item View Item