UPAYA PERLINDUNGAAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PEMBATASAN IZIN EDAR BPOM MAKANAN SIAP SAJI BEKU (STUDI PADA BRAND GOOGORENGAN SEMARANG)

Santosa, Aditya Pratama (2022) UPAYA PERLINDUNGAAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PEMBATASAN IZIN EDAR BPOM MAKANAN SIAP SAJI BEKU (STUDI PADA BRAND GOOGORENGAN SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800015_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)

Abstract

Menjamin keamanan Pangan adalah hal yang sangat penting dalam pelaksanaan pemerintahan dan menunaikan tanggung jawab pemerintah dalam menaungi dan melindunin masyarakat. Begitu pula dengan melindungi konsuman, sehingga perlindungan konsumen pangan adalah yang sangat penting dalam misi melaksanakan keamanan pangan di Indonesia. Lembaga yang berkompetensi mengatur dan menjadi regulator peredaran makanan adalah BPOM, dan regulasi yang mengatur tentang perlindungan konsumen pangan terdapat dalam Undang- Undang Perlindungan konsumen. Sehingga rumusan masalah yang ada dalam penelitian hukum ini yaitu bagaimana upaya perlindungan hukum terhadap konsumen terhadap pembatasan izin edar BPOM makanan siap saji beku Brand Googorengan Semarang dan menelaah hambatan-hambatan serta solusinya. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, diteliti melalui pendekatan yaitu pendekatan yuridis normatif yaitu meneliti bahan- bahan pustaka atau data yang digolongkan sekunder seperti peraturan perundang- undangan, hasil penelitian, hasil karya dari penggiat hukum, serta sumber bacaan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Selain itu penelitian ini juga memakai metode wawancara, observasi, dengan pemilik Brand Googorengan Semarang dan juga menelaah hukum positif yang berkaitan tentang hal tersebut di indonesia. Hasil penelitian ini yaitu berupa kodifikasi aturan-aturan terkait pembatasan izin edar oleh BPOM terhadap makanan siap saji beku, yang kemudian direformulasikan menjadi sebuah kesimpulam mengenai bagaimana makanan siap saji beku harus disimpan, dikemas, didistribusikan oleh pemilik Brand Googorengan agar sesuai dengan regulasi BPOM dan menerangkan bahwa pembatasan izin edar ini berkaitan langsung dengan perlindungan konsumen termasuk konsumen pangan. Kemudian ditelaah lebih lanjut mengenai hambatan yang terjadi dalam proses mewujudkan perlindungan konsumen yang lebih baik dengan adanya regulasi dari BPOM mengenai pembatasan izin edar makanan siap saji beku, dan bagaimana solusinya untuk melewati hambatan yang terjadi sehingga perlindungan konsumen menjadi lebih efektif. Kata Kunci : Pembatasan Izin Edar, Makanan Siap Saji Beku, Perlindungan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:46
Last Modified: 06 Jan 2023 02:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25801

Actions (login required)

View Item View Item