TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM ATAS KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN OLEH ARISAN ONLINE (ANALISA PUTUSAN NOMOR : 1/PDT.G.S/2021/PN.TRT)

Rachmawati, Rosita (2022) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM ATAS KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN OLEH ARISAN ONLINE (ANALISA PUTUSAN NOMOR : 1/PDT.G.S/2021/PN.TRT). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800338_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Arisan online merupakan sekelompok orang yang mengumpulkan uang atau barang secara teratur pada tiaptiap periode tertentu dengan penentuan melalui perjanjian antar anggota dengan nomor urut yang dilakukan melalui media online oleh karena itu arisan yang dilakukan secara elektronik ini dapat dilakukan tanpa adanya saling bertatap muka. Permasalahan yang akan dibahas adalah bagaimana kekuatan hukum dari perjanjian yang dilakukan oleh para pihak arisan online dan bagaimana perlindungan hukum terhadap anggota arisan online yang mengalami kerugian. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Metode yuridis digunakan untuk menganalisa ketentuan perundang-undangan mengenai perlindungan hukum terhadap anak pelaku tindak pidana penyalahgunaan Narkotika dan Psikotropika serta hambatan dan solusi terhadap anak di bawah umur yang menyalahgunakan narkotika. Sedangkan normatif merupakan penelitian hukum yang dilakukan dengan cara menganalisa bahan pustaka atau bahan sekunder. Hasil penelitian Perlindungannya adalah hukum yang diharapkan dapat diberikan kepada anggota yang mengalami kerugian yaitu perlindungan yang diberikan hukum terkait ganti rugi. Namun untuk mendapatkan keseluruhan ganti rugi tersebut, pihak pengelola menemukan kendala-kendala didalamnya, yakni pengelola arisan online tidak dapat melakukan pembuktian dikarenakan tidak ada jaminan ataupun perjanjian tertulis didalamnya. Pengelola arisan mekhawatirkan apabila banyak anggota arisan yang tidak melaksanakan pembayaran tepat waktu atau waktu yang telah ditoleransi, pihak pengelola tentu akan semakin banyak menanggung kerugian, dan dalam hal tersebut anggota lain juga akan dirugikan karena dana yang digunakan adalah dana para anggota arisan. KATA KUNCI : Perlindungan Hukum,Perlindungan Konsumen,Arisan Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:32
Last Modified: 06 Jan 2023 02:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25784

Actions (login required)

View Item View Item