Setyani, Rizqiana (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PENGIRIMAN BARANG YANG TIDAK SESUAI DENGAN GAMBAR PADA MARKETPLACE MENURUT UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
30301800336_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
Abstract
Konsumen seharusnya sudah dilindungi oleh Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Pada prakteknya yang terjadi konsumen sering kali dirugikan akibat permasalahan pengiriman barang. Hal ini menunjukkan lemahnya kedudukan konsumen dalam jual beli online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya perlindungan konsumen berdasarkan Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen atas barang yang tidak sesuai dengan gambar dan tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen yang mengalami kerugian atas barang yang tidak sesuai dengan gambar pada Lazada. Konsumen berhak mengetahui, memperoleh informasi yang jelas, benar, jujur terkait barang yang dijual oleh pelaku usaha pada marketplace sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 4 ayat (3). Pelaku usaha yang mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan gambar dapat dianggap telah melakukan wanprestasi, dimana dalam peristiwa ini pelaku usaha tidak memenuhi kewajibannya dalam kontrak elektronik yang mengakibatkan kerugian bagi pihak konsumen. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis. Yuridis sosiologis adalah menekankan penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan jalan terjun langsung ke objeknya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen mempunyai hak untuk memperoleh barang sesuai dengan gambar dan pelaku usaha bertanggung jawab atas kesalahan yang diperbuat yaitu mengirimkan barang yang tidak sesuai pesanan konsumen berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Bentuk tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen yang mengalami kerugian atas barang yang tidak sesuai dengan gambar pada transaksi Lazada yaitu Return, refund dan Re-Shipment. Kata kunci : Perlindungan Konsumen, Return, Refund, Re-Shipment
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 01:39 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 01:39 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25779 |
Actions (login required)
View Item |