PERANAN AMICUS CURIAE PADA PROSES PEMBUKTIAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA DI INDONESIA (Studi di Pengadilan Negeri Kendal)

Widiyantoro, Reza Bagoes (2022) PERANAN AMICUS CURIAE PADA PROSES PEMBUKTIAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA DI INDONESIA (Studi di Pengadilan Negeri Kendal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800324_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, diikuti pula perkembangan kejahatan. Hal ini menjadi salah satu faktor adanya perkembangan pada mekanisme pembuktian dan alat bukti yang ada yaitu dengan adanya Amicus Curiae. Di dalam peradilan Indonesia, Amicus Curiae belum diatur secara jelas, namun dasar hukum diterimanya konsep Amicus Curiae di Indonesia adalah ketentuan Pasal 5 ayat (1) UU No. 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman yang menyatakan Hakim dan hakim konstitusi wajib menggali, mengikuti, dan memahami nilai-nilai hukum dan rasa keadilan yang hidup dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Amicus Curiae pada proses pembuktian dalam sistem peradilan pidana di Indonesia, kekuatan hukum pembuktian suatu tindak pidana menggunakan Amicus Curiae menurut Hukum Acara Pidana di Indonesia serta implementasi Amicus Curiae dalam sistem peradilan pidana di Indonesia terkhusus di Pengadilan Negeri Kendal. Pendekatan masalah yang akan digunakan untuk membahasa permasalahan dalam penulisan hukum ini adalah pendekatan yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Metode analisis data dalam penulisan hukum ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peran Amicus Curiae pada proses pembuktian dalam sistem peradilan pidana di Indonesia adalah membantu hakim dalam menjalankan kewajibannya untuk “mendalami” nilai-nilai keadilan yang ada di masyarakat. Sedangkan kekuatan hukum pembuktian suatu tindak pidana menggunakan Amicus Curiae menurut Hukum Acara Pidana di Indonesia yaitu tidak dapat dikatakan sebagai alat bukti yang sah. Serta implementasi Amicus Curiae dalam sistem peradilan pidana di Indonesia sangat sulit dikarenakan adanya beberapa hambatan. Kata Kunci : Amicus Curiae, Pembuktian, Peradilan Pidana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:32
Last Modified: 06 Jan 2023 01:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25765

Actions (login required)

View Item View Item