TINJAUAN HUKUM TERHADAP PERLINDUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA ASAL KABUPATEN INDRAMAYU BERDASARKAN UNDANG – UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2017

PRASETIO, INDRIANTO (2022) TINJAUAN HUKUM TERHADAP PERLINDUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA ASAL KABUPATEN INDRAMAYU BERDASARKAN UNDANG – UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301609627_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)

Abstract

Mendapatkan kehidupan ekonomi yang lebih baik serta sedikitnya lapangan pekerjaan di dalam negeri menjadi alasan mengapa masyarakat Indonesia melakukan migrasi. Proses migrasi pekerja migran Indonesia tidak luput dengan permasalahan yang terjadi baik sebelum bekerja, saat bekerja, hingga setelah bekerja. Hal tersebut yang mendasari dilakukannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui Tinjauan Hukum Terhadap Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Asal Kabupaten Indramayu Berdasarkan Undang – Undang Nomor 18 Tahun 2017. Permasalahan dalam penelitian ini yakni: Pertama, bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum terhadap Pekerja Migran Indonesia asal Kabupaten Indramayu berdasarkan Undang – undang Nomor 18 Tahun 2017; Kedua, bagaimana penerapan Undang – Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, di Kabupaten Indramayu; Ketiga, bagaimana peran Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu dalam menangani permasalahan perlindungan pekerja migran Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan perlindungan hukum terhadap pekerja migran dan keluarganya di Indramayu dengan peraturan Perundang – undangan Nomor 18 Tahun 2017, Untuk mengetahui penerapan Undang – undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang perlindungan pekerja migran Indonesia di Kabupaten Indramayu, Untuk mengetahui peran Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu dalam Penanganan Permasalahan mengenai Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan adalah yuridis sosiologis, yaitu suatu penelitian yang menekankan pada ilmu hukum akan tetapi juga usaha menelaah kaidah-kaidah sosial yang berlaku. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan wawancara. Data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini, maka diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, Pemerintah Indonesia memberikan perlindungan hukum kepada pekerja migran guna terjaminnya hak mereka dalam keseluruhan kegiatan bekerja di luar negeri; Kedua, Penerapan aturan dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada pekerja migran Indonesia beserta keluarganya agar terpenuhinya segala hak dan kepentingannya; Ketiga, Pemerintah daerah Kabupaten Indramayu hanya memiliki wewenang dalam memberikan perlindungan terhadap pekerja migran Indonesia pada saat sebelum bekerja dan setelah bekerja. Kata Kunci: Perlindungan pekerja, Pekerja Migran Indonesia, Indramayu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:27
Last Modified: 06 Jan 2023 01:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25758

Actions (login required)

View Item View Item