UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA OLEH KEPOLISIAN DI WILAYAH HUKUM KOTA SALATIGA (Studi Kasus di Polres Salatiga)

Darmawan, Danny (2022) UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA OLEH KEPOLISIAN DI WILAYAH HUKUM KOTA SALATIGA (Studi Kasus di Polres Salatiga). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301609532_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA OLEH KEPOLISIAN DI WILAYAH HUKUM KOTA SALATIGA (Studi Kasus di Polres Salatiga)” dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh kepolisian dalam menanggulangi penyalahgunaan tindak pidana narkotika di Polres Salatiga. Selain itu juga untuk mengetahui faktor apa sajakah yang menjadi kendala dalam upaya penanggulangan untuk tindak pidana narkotika oleh Polres Salatiga. Penulisan skripsi ini dilakukan dengan metode yuridis sosiologis yaitu berbentuk penelitian hukum yang digunakan dalam upaya melihat dan menganalisa bagaimana bekerjanya suatu aturan hukum yang ada didalam masyarakat. Penggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis ini disebabkan karena permasalahan yang diteliti erat kaitanya dengan faktor yuridis dan sosiologis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan berikut adalah upaya polres salatiga dalam menanggulangi penyalahgunaan tindak pidana narkotika di Kota Salatiga yaitu antara lain : 1) Upaya preventiv yang dilakukan seperti penyuluhan dan sosialisasi yang telah dilaksanakan oleh Satresnarkoba Polres Kota Salatiga yaitu salah satunya yaitu seperti melakukan program penyuluhan P46IV (Pencegahan dan Pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika). Program penyuluhan ini merupakan upaya sadar dan terencana yang dilakukan untuk memperbaiki perilaku manusia, sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan, yakni pada tingkat sebelum seseorang menggunakan narkotika, agar mampu menghindar dari penyalahgunaanya . 2) Adapun kendala yang ada seperti dalam kurang canggihnya peralatan yang memadai, sehingga kebutuhan sarana dan prasarana ini khususnya masalah teknologi dan informasi yang dimiliki kepolisian Satuan Resnarkoba Polres Kota Salatiga masih kurang memadahi untuk bisa menumpas Bandar Narkotika hingga ke akar-akarnya dan juga Masyarakat yang kurang partisipatif, Masyarakat masih memiliki rasa takut apabila melaporkan adanya kegiatan penyalahgunaan narkotika, keselamatan diri mereka akan terancam karena takut akan diteror atau adanya balas dendam yang kemungkinan akan dilakukan oleh tersangka, teman-teman, atau keluarga tersangka yang dilaporkannya tersebut. Pemikiran ini masih sangat melekat di kalangan masyarakat padahal seharusnya masyarakat tidak perlu takut akan hal tersebut karena polisi akan menjaga keamanan pelapor dan identitasnya akan dirahasiakan. Kata Kunci : Narkoba, Hukum Pidana, Kepolisian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:26
Last Modified: 06 Jan 2023 01:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25756

Actions (login required)

View Item View Item