UPAYA PENANGGULANGAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK JALANAN DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Dinas Sosial Kota Semarang)

Miraj, Brameka Ermald (2022) UPAYA PENANGGULANGAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK JALANAN DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Dinas Sosial Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301508960_fullpdf.pdf

Download (707kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah kaulitatif kemudian disajikan secara deskriptif, yaitu dengan mengurai, menjelaskan, dan menggambarkan sesuai permasalahan yang erat dengan penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Sosial Kota Semarang dengan judul “Upaya Penanggulangan dan Perlindungan Hukum Terhadap Anak Jalanan Di Kota Semarang”, dengan wewawancarai narasumber Bapak Bambang Sumedi SH,MM, selaku Kepala Seksi Tuna Sosial dan Perdagangan Orang Dinas Sosial Kota Semarang pada tanggal 28 Maret 2022, kemudian wawancara dengan pihak Amongjiwo pada tanggal 22 Maret 2022 dengan Ibu Tutik Hendarwati, SH, Selaku Kasubag Tata Usaha Dinas Sosial Kota Semarang. Penggunaan Teknik analisis kualitatif mencakup semua data yang diperoleh, sehingga mendukung kualifikasi penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa Upaya Penanggulangan dan Perlindungan Hukum Terhadap Anak Jalanan Di Kota Semarang berdasarkan Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Penanganan Anak Jalanan, Gelandangan, dan Pengemis di Kota Semarang tercantum pada Pasal 11, dan tercantum juga 6 (enam) tahapan dalam melaksanakan Implementasi yang dilakukan dalam upaya perlindungan hukum terhadap anak jalanan di Kota semarang, yaitu: 1).Perlindungan; 2).Pengendalian sewaktu-waktu; 3).Penampungan Sementara / Rumah Singgah; 4).Pemahaman dan Pemecahan masalah; 5).Rujukan; dan 6).Bimbingan Sosial dan Pemberdayaan. Kata Kunci: Upaya Penanggulangan, Perlindungan Hukum, Anak Jalanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:26
Last Modified: 05 Jan 2023 07:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25745

Actions (login required)

View Item View Item