TINJAUAN YURIDIS TENTANG CONCURSUS DAN FAKTOR YANG MENYEBABKAN PELAKU TINDAK PIDANA MASUK DALAM CONCURSUS (Studi Kasus Putusan Nomor 87/Pid.Sus-TPK/2019/PN Smg)

Siregar, Rahmalia Yasmin Fany (2022) TINJAUAN YURIDIS TENTANG CONCURSUS DAN FAKTOR YANG MENYEBABKAN PELAKU TINDAK PIDANA MASUK DALAM CONCURSUS (Studi Kasus Putusan Nomor 87/Pid.Sus-TPK/2019/PN Smg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800312_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Pejabat pemerintahan yang melakukan tindak pidana korupsi selain melanggar UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juga telah melanggar Pasal 17 UU Nomor 30 Tahun 2014 mengenai Penyalahgunaan Wewenang. Hal ini merupakan 2 (dua) tindak pidana yang masuk dalam Pasal 63 sampai Pasal 71 KUHP tentang Perbarengan Tindak Pidana atau biasa disebut concursus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi hukum tentang concursus dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan seseorang masuk dalam concursus. Penulisan hukum ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan 2 (dua) data yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyebutkan: Pertama, konstruksi hukum terkait concursus dilakukan oleh hakim dengan dasar hukum Pasal 63 KUHP mengenai perbarengan peraturan atau disebut juga concursus idealis, Pasal 64 KUHP mengenai pengakumulasian/penggabungan tindak pidana yang dikenal dengan nama concursus realis, dan Pasal 65 sampai Pasal 71 KUHP tentang perbarengan berlanjut. Kedua, faktor-faktor yang mengakibatkan seseorang masuk dalam concursus yaitu adanya kesempatan, adanya niatan, dan kurangnya pemahaman moral yang membuat perbuatan melawan hukum yang dilakukannya berbarengan dengan tindakan pidana lainnya. Kata Kunci: Tindak Pidana, Concursus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:25
Last Modified: 05 Jan 2023 07:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25743

Actions (login required)

View Item View Item