ANALISIS PERCEPATAN KONSOLIDASI TANAH LUNAK DENGAN PVD, PHD DAN GEOTEXTILE PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SEMARANG – DEMAK STA 20+400

Meliana Hardani M, Meliana Hardani M and Novianti, Rocy Tri (2022) ANALISIS PERCEPATAN KONSOLIDASI TANAH LUNAK DENGAN PVD, PHD DAN GEOTEXTILE PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SEMARANG – DEMAK STA 20+400. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30202000295_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)

Abstract

Pembangunan Proyek Jalan Tol ini salah satu tujuannya untuk mengatasi kemacetan lalu lintas dan memperkuat daya tahan dalam menghadapi banjir rob. Saat pembangunan sering dijumpai permasalahan seperti konstruksi di atas tanah yang daya dukungnya rendah dan pemampatan tanah dasar relatif besar. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan tanah dalam menghindari waktu untuk konsolidasi yang lebih lama. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan besarnya penurunan tanah menggunakan perhitungan manual metode Terzaghi dengan menggunakan aplikasi Plaxis. Salah satunya menggunakan metode perkuatan geotextile dengan dikombinasikan Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan Prefabricated Horizontal Drain (PHD) dengan metode Terzaghi. Pada penelitian dilakukan dengan pengumpulan data sekunder yaitu data sondir, data borlog, dan data laporan N-SPT. Selanjutnya dihitung analisa waktu yang diperlukan untuk tanah mencapai konsolidasi >90%. Tujuan analisa ini untuk membandingkan penurunan tanah dengan Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan Prefabricated Horizontal Drain (PHD) dan tanpa menggunakan Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan Prefabricated Horizontal Drain (PHD) dengan menggunakan program aplikasi Plaxis 8.6. Hasil analisa permodelan menggunakan program aplikasi Plaxis 8.6 diperoleh besar penurunan tanah sebesar 1,08 meter, sedangkan penurunan tanah menggunakan metode Terzaghi diperoleh besar penurunan tanah sebesar 1,26 meter setelah terkonsolidasi 1 tahun, 3 tahun, dan 10 tahun. Kata Kunci : Plaxis 8.6; Penurunan; PVD & PHD; Tanah Lunak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:23
Last Modified: 05 Jan 2023 07:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25734

Actions (login required)

View Item View Item