ANALISIS PERBANDINGAN TAMBAHAN TEGANGAN AKIBAT BEBAN TITIK DENGAN METODE PERHITUNGAN MANUAL (NUMERIK) DAN METODE ELEMEN HINGGA (PLAXIS)

Firdaus, Muhammad Ali and Trisnagara, Hilmy Ega (2022) ANALISIS PERBANDINGAN TAMBAHAN TEGANGAN AKIBAT BEBAN TITIK DENGAN METODE PERHITUNGAN MANUAL (NUMERIK) DAN METODE ELEMEN HINGGA (PLAXIS). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30202000272_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)

Abstract

Kenaikan tegangan pada tanah tergantung pada beban per satuan luas di mana pondasi berada, kedalaman tanah di bawah pondasi di mana tegangan tersebut ditinjau, dan faktor-faktor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kenaikan menggunakan metode perhitungan manual (numerik) dan metode elemen hingga (Plaxis V.20) dengan variasi jenis tanah dengan pemberian beban titik sebesar 500kN. Analisis penelitian ini menggunakan 2 (dua) metode yaitu metode perhitungan manual (numerik) pertambahan tegangan dengan teori boussinesq dan metode elemen hingga berupa program Plaxis V.20. Langkah awal dengan menganalisis menggunakan perhitungan manual dengan teori boussinesq kemudian menggunakan aplikasi (Plaxis V.20) membuat suatu pemodelan dan memasukan data parameter, kemudian masuk ketahap perhitungan dan akan menghasilkan output berupa pertambahan tegangan Selanjutnya membandingkan hasil dari kedua metode tersebut. Didapatkan hasil pertambahan tegangan dengan jenis tanah yang digunakan seperti tanah medium (clay), stiff (clay) dan hard (clay). Perhitungan manual (teori boussinesq) didapatkan kesimpulan bahwa semakin dalam kedalaman tanah pertambahan tegangan semakin kecil, perhitungan plaxis dengan tanah konsistensi medium, stiff dan hard didapatkan kesimpulan bahwa semakin dalam kedalaman tanah pertambahan tegangan semakin kecil, perhitungan manual dan plaxis dengan tanah konsistensi medium, stiff dan hard hasil pertambahan tegangan perhitungan manual lebih kecil dari pada perhitungan plaxis. Kata Kunci : Tanah, Teori Boussinesq, Plaxis V.20, Pertambahan Tegangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:17
Last Modified: 05 Jan 2023 07:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25728

Actions (login required)

View Item View Item