ANALISIS PENJADWALAN WAKTU DAN BIAYA PELAKSANAAN KONSTRUKSI DENGAN PENYESUAIAN PERUBAHAN ANGGARAN AKIBAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN BENDUNGAN RANDUGUNTING)

SETIYONO, BUDI (2022) ANALISIS PENJADWALAN WAKTU DAN BIAYA PELAKSANAAN KONSTRUKSI DENGAN PENYESUAIAN PERUBAHAN ANGGARAN AKIBAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN BENDUNGAN RANDUGUNTING). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
20202000045_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Bendungan Randugunting adalah bendungan yang terletak di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Blora. Bendungan ini direncanakan akan memiliki kapasitas sebesar 10,40 Juta m³ diharapkan dapat mengairi lahan seluas 630 Ha, menyediakan pasokan air baku sebesar 0,15 m³/detik. Kegiatan konstruksi Bendungan Randugunting adalah salah satu pekerjaan konstruksi di BBWS Pemali Juana yang mendapatkan imbas dari pandemi Covid-19, khususnya terkait pendanaan dari pusat. Hal ini berdampak pada perputaran anggaran penyedia jasa konsruksi (kontraktor), sehingga cash flow terhambat. Oleh karena itu diperlukan suatu analisis skenario manajemen cash flow dan penentuan strategi penanganan dampak pandemi terhadap konstruksi pembangunan Bendungan Randugunting. Adapun data primer yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil wawancara dengan tim pelaksana proyek pembangunan Bendungan Randugunting, dan data sekunder didapatkan dengan pengumpulan data yang telah ada, antara lain kontrak pekerjaan, schedule pekerjaan, dan pola cash flow pekerjaan. Analisis manajemen cash flow dilakukan dengan menerapkan 3 skenario antara lain : skenario 1 (waktu tetap – biaya kurang), skenario 2 (waktu diperlambat – biaya kurang), dan skenario 3 (waktu dipercepat – biaya kurang). Analisis dilakukan dengan bantuan program Microsoft Project 2010 dengan menginputkan data yang terkait untuk dianalisis ke dalam program, maka Microsoft Project ini nantinya akan melakukan kalkulasi secara otomatis sesuai dengan rumus-rumus kalkulasi yang telah dibuat oleh program ini. Penentuan strategi penanganan pada penelitian ini menggunakan metode DSS (Decision Support System) dengan Teknik SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) dengan Skala Likert. Faktor kunci yang digunakan dalam analisis SWOT diperoleh dari pembahasan denga tim pelaksana lapangan yang didiskusikan pada Forum Group Discussion (FGD). Skenario 2 (waktu diperlambat 6 bulan) direncanakan pekerjaan akan selesai dalam kurun waktu 56 bulan, yaitu dimulai pada Desember 2018 hingga Mei 2023 dengan total waktu 1650 hari. Pada skenario ini, waktu diperpanjang untuk meminimalkan biaya yang dibutuhkan setiap tahun. Namun, resikonya biaya total yang dibutuhkan lebih besar dibandingkan waktu tetap karena bertambahnya biaya tidak langsung. Strategi yang dihasilkan dengan analisis SWOT pada Proyek konstruksi Bendungan Randugunting adalah strategi Strength-Threat atau Diversity Strategy dan menghasilkan 8 (delapan) strategi, karena pada hasil analisis matrik SWOT terletak pada kuadran II dengan nilai selisih Weighted Score 0,2 (IFE), dan -0,28 (EFE). Strategi Strength-Threat yaitu strategi dengan memaksimalkan faktor internal kekuatan (S) dan menghindarkan dari faktor eksternal ancaman (T). Kata Kunci : Bendungan, Covid-19, Cashflow, Strategi, Waktu dan Biaya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:07
Last Modified: 05 Jan 2023 07:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25706

Actions (login required)

View Item View Item