ANALISIS STABILITAS TANAH LERENG DENGAN PERKUATAN SHEET PILE MENGGUNAKAN PLAXIS V.8 DAN METODE FELLENIUS (Studi Kasus : Gedung Gandhi Memorial Intercontinental School, Semarang, Jawa Tengah)

Tirtakhalisha, Tasya Dara and Rahmadini, Resti (2022) ANALISIS STABILITAS TANAH LERENG DENGAN PERKUATAN SHEET PILE MENGGUNAKAN PLAXIS V.8 DAN METODE FELLENIUS (Studi Kasus : Gedung Gandhi Memorial Intercontinental School, Semarang, Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30201800179_fullpdf.pdf

Download (7MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Studi Kasus yang kita ambil berada di Gedung Gandhi Memorial Intercontinental School yang berlokasi di Jl. Raya Bulovard 2 Graha Candi Golf Semarang yang merupakan wilayah gantung atau runtuh, karena sejumlah rumah yang berada di kawasan sekitar lokasi penelitian yang rawan mengalami longsor. penggunaan yang cukup panjang. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis lereng asli dan lereng dengan dinding penahan tanah tipe sheet pile. Keadaan tersebut dianalisis dengan berbagai kondisi yang bertujuan untuk membandingkan hasil ketiganya. Analisis dilakukan dengan perhitungan manual menggunakan metode Fellinius dan program Plaxis. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai faktor keamanan pada kondisi awal lereng dengan metode Plaxis sebesar 1,3726 dan nilai keamanan setelah diberi perkuatan sheet pile sebesar 1,5961 Nilai faktor keamanan lereng setelah diberi perkuaan sheet pile menggunakan metode Fellenius adalah sebesar 2,25. Maka dapat disimpulkan bahwa lereng menjadi stabil jika diberi perkuatan sheet pile di banding dengan kondisi lereng tanpa perkuatan. Hal ini dapat dilihat dengan adanya kenaikan nilai faktor keamanan. Kata Kunci: Fellenius; Lereng; Longsor; Plaxis; Sheet Pile; Tanah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:56
Last Modified: 05 Jan 2023 06:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25689

Actions (login required)

View Item View Item