ANALISA DAMPAK LALU LINTAS DARI PEMBANGUNAN FLY OVER PERLINTASAN JALAN REL KERETA API DI MRANGGEN

HIMAM, MUHAMAD KHUDZA ALFI (2022) ANALISA DAMPAK LALU LINTAS DARI PEMBANGUNAN FLY OVER PERLINTASAN JALAN REL KERETA API DI MRANGGEN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
20201900069_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Perlintasan jalan rel kereta api di Mranggen menyebabkan kemacetan, terbukti dengan adanya antrian kendaraan yang panjang setiap pagi dan sore jika melewati perlintasan jalan rel kereta api di Mranggen. Oleh karena itu perlu adanya pembangunan flyover di perlintasan jalan rel kereta api di Mranggen. Analisa dampak lalu lintas dari pembangunan flyover perlintasan jalan rel kereta api di Mranggen dengan tiga tahap, mulai dari sebelum pembangunan flyover, saat pelaksanaan flyover dan setelah pembangunan flyover selesai. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei langsung di kedua simpang perlintasan pada jam puncak pagi, siang, dan sore hari. Adapun data yang diambil arus lalu lintas, kapasitas jalan, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan jalan menggunakan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil analisis kondisi sebelum pembangunan diperoleh derajat kejenuhan maksimal pagi hari dari Grobagan ke arah Semarang yaitu 0,90864 yang melebihi dari 0,85 termasuk tingkat pelayanan jalannya E, tingkat kejenuhan maksimal saat ada kontruksi pembangunan Fly Over pada pagi hari dari Grobagan ke arah Semarang yaitu 1,023177 yang melebihi dari 1 termasuk tingkat pelayanan jalannya F, tingkat kejenuhan maksimal setelah kontruksi pembangunan Fly Over Mranggen pada pagi hari dari Grobagan ke arah Semarang didapatkan angka 0,793675 yang kurang dari 0,85 termasuk tingkat pelayanan jalannya jalannya C, sehingga efek positif setelah konstruksi flyover selesai yaitu arus lalu lintas menjadi lancar karena tidak melewati pasar tumpah Ganefo dan juga tidak melewati rel kereta api tiga jalur yang sering macet karena lalu lintas kereta api hampir disetiap 30 menit. Kata kunci : MKJI, Kapasitas, Arus Kendaraan dan Kinerja Lalu Lintas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:54
Last Modified: 05 Jan 2023 06:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25685

Actions (login required)

View Item View Item