ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU MENGGUNAKAN METODE KONSEP NILAI HASIL (Studi Kasus : Pembangunan Gedung Kantor Pelayanan “MAS BIMACIKA”)

Utomo, Budi Suryo (2022) ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU MENGGUNAKAN METODE KONSEP NILAI HASIL (Studi Kasus : Pembangunan Gedung Kantor Pelayanan “MAS BIMACIKA”). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
20201800053_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur tidak lepas dari aspek yang menjadi faktor keberhasilan dalam pelaksanaan pekerjaan. Pekerjaan konstruksi dibatasi dalam segi waktu dan biaya sehingga diperlukan pengendalian. Pengendalian yang dilakukan diharapkan mampu meminimalisir penyimpangan pada saat pelaksanaan pekerjaan. Masalah yang terjadi pada proyek Pembangunan Gedung Kantor Pelayanan “MAS BIMACIKA” ini adalah percepatan konstruksi. Pada saat melakukan percepatan pasti terdapat sumber daya yang meningkat untuk dapat meningkatkan nilai produktivitas. Hasil yang akan dicari dari penelitian ini yaitu guna mengkaji kinerja waktu maupun biaya pada Proyek Pembangunan Gedung Kantor Pelayanan MAS BIMACIKA. Cara yang bisa dilakukan dengan pengendalian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value Concept) dan analisis biaya yang dihasilkan akibat percepatan pekerjaan menggunakan metode kombinasi (Crashing dan Overlapping). Parameter yang digunakan adalah Budget Cost of Work Schedule, Budget Cost of Work Performance, dan Actual Cost of Work Performance. Hasil dari Primavera menyebutkan bahwa pekerjaan kritis pada pembangunan ini adalah pekerjaan pembesian sehingga perhitungan yang akan dilakukan adalah perhitungan biaya pembesian. Analisis yang dilakukan sampai minggu ke-5 menunjukkan bahwa pekerjaan dapat selesai lebih awal dengan ditunjukkan pada nilai BCWP berada diatas BCWS. Dari segi biaya, pembangunan tersebut mengalami pemborosan dengan ditunjukkan pada nilai BCWP berada dibawah ACWP. Analisis yang dilakukan sampai minggu ke-10 menunjukkan pekerjaan dapat selesai lebih awal dengan ditunjukkan nilai BCWP berada diatas BCWS. Dari segi biaya yang dihasilkan pekerjaan yang dilakukan mendapatkan keuntungan ditunjukkan dengan nilai ACWP berada dibawah BCWP. Percepatan dengan metode kombinasi juga dapat mempercepat durasi pekerjaan semula 252 hari menjadi 192 hari dengan biaya lebih hemat Rp. 87.600.000 atau 4,6% dari percepatan pekerjaan pembesian. Kata Kunci : Pengendalian, Konsep Nilai Hasil, Crashing, Overlapping.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:44
Last Modified: 05 Jan 2023 06:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25666

Actions (login required)

View Item View Item