ANALISIS PENURUNAN PERKERASAN PAVING BLOCK AKIBAT KADAR AIR PADA LAPISAN SUBGRADE (Area Kampus Unissula SEMARANG)

Rajasya, Muhammad.Ilham Hatta and Yanto, Muhammad Artha Dwi (2022) ANALISIS PENURUNAN PERKERASAN PAVING BLOCK AKIBAT KADAR AIR PADA LAPISAN SUBGRADE (Area Kampus Unissula SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30201800133_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Berbagai inovasi dilakukan dalam penelitian dibidang jalan raya untuk mendapatkan kualitas jalan yang baik dan efisien. Paving block merupakan salah satu inovasi perkerasan jalan yang digunakan pada area jalan tertentu seperti jalan perkotaan yang memiliki arus lalu lintas rendah, pada perumahan, lahan parkir, area perkantoran, dan sebagainya. Banyaknya mahasiswa yang melintas dan ditambah dengan adanya pembangunan di area kampus UNISSULA membuat banyak macam-macam kendaraan melintas di area jalan kampus. Kendaran yang melintas dengan beban dan getaran yang berbeda mengakibatkan beberapa titik jalan dengan perkerasan paving block mengalami kerusakan dan perubahan elevasi. Pada penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Dari data primer yang di gunakan yaitu survei volume kendaraan di area ruas jalan elati sport center kampus UNISSULA, melakukan perhitungan VDF (Vehicle Damaging Factor) atau faktor daya rusak kendaraan, dan yang terakhir melakukan uji laboratorium untuk menentukan penurunan tanah selama penelitian volume lalu lintas yang dilakukan selama 5 hari. Untuk mengetahui pengaruh kadar air dalam menahan gaya vertical menggunakan alat uji sederhana yaitu box besi ukuran 75x75x60 cm dengan dibantu alat hydrolic jack. Hasil perhitungan VDF yang terberat adalah mobil truk molen dengan 2,74 ton, selanjutnya melakukan uji beban vertical yang di lakukan di laboratorium sebanyak tiga kali uji coba dan kadar air yang bervariasi maka ditemukan hasil penurunan tanah 5,2 cm untuk subgrade dengan kadar air 20% pada pengujian pertama, penurunan tanah 8 cm untuk subgrade dengan tambahan air 5% pada pengujian kedua, dan penurunan tanah 11,9 cm untuk subgrade dengan penambahan kadar air 10% pada percobaan ketiga. Kata Kunci: Paving block, VDF, kadar air, penurunan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:36
Last Modified: 05 Jan 2023 06:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25651

Actions (login required)

View Item View Item