DESAIN DAN PEMILIHAN ALTERNATIF TANGGUL UNTUK PENANGGULANGAN BANJIR PASANG LAUT (ROB) (STUDI KASUS PADA RENCANA PEMBANGUNAN TANGGUL ROB SAYUNG, DEMAK)

UTOMO, LULUT RIYAN (2022) DESAIN DAN PEMILIHAN ALTERNATIF TANGGUL UNTUK PENANGGULANGAN BANJIR PASANG LAUT (ROB) (STUDI KASUS PADA RENCANA PEMBANGUNAN TANGGUL ROB SAYUNG, DEMAK). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
20201800025_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Proyek tanggul rob Sayung merupakan salah satu proyek perencanaan konstruksi tanggul yang belum dilaksanakan ada 3 alternatif desain tanggul yaitu Dinding Praperet dan perkuatan Corrugated Congcrete Sheet Pile (CCSP), Tanggul Dinding Beton dengan perkuatan mini pile dan Tanggul Sistem Panel Serbaguna (SPS). Oleh sebab itu diperlukan penelitian untuk mengkaji desain tanggul rob, stabilitas tanggul dan faktor keamanan kemudian pemilihan dari ketiga alternatif tanggul dengan metode Analitycal Hierarchy Procces (AHP) berdasarkan kriteria yang di tentukan. Tujuan penelitian yaitu untuk mendesain perencanaan desain tanggul rob dengan bantuan software plaxis, menganalisis stabilitas dan faktor keamanan dari ketiga alternative tanggul rob dengan software plaxis, Stabilitas dan faktor keamanan tanggul melalui pengujian ketiga desain dengan progam plaxis dikatakan aman karna melebihi angka setandar kemamanan yaitu 1,5. Kriteria dalam menentukan desain konstruksi Tanggul Rob Sayung yaitu : Aspek fungsi dan manfaat, Aspek kondisi lokasi meliputi, Aspek biaya, Aspek pelaksanaan konstruksi. Hasil analisis penentuan pemilihan desain tanggul rob Sayung dengan program expert choice menunjukkan tanggul dinding beton dengan perkuatan minipile menjadi prioritas utama dengan nilai bobot sebesar 45,9%, kemudian prioritas kedua adalah Dinding Parapet dan Perkuatan CCSP dengan nilai bobot 37,2% dan pilihan ketiga Tanggul Sistem Panel Serbaguna (SPS) dengan bobot 17%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:36
Last Modified: 05 Jan 2023 06:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25650

Actions (login required)

View Item View Item