ANALISIS PELAKSANAAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) (Study Kasus : Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Olimpiade Sains Terpadu MAN 2 Kudus)

Aji, Muhammad Pangestu and Mudakir, Mudakir (2022) ANALISIS PELAKSANAAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) (Study Kasus : Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Olimpiade Sains Terpadu MAN 2 Kudus). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30201800127_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)

Abstract

Pelaksanaan keamanan dan keselamatan kerja (K3) pada Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Olimpiade Sains Terpadu MAN 2 Kudus merupakan bentuk upaya untuk mengurangi kecelakaan kerja padaproyek dan menumbuhkan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya penerapan keamanan dan keselamatan kerja (K3) dengan melakukan indentifikasi resiko dan pengendalian pada lingkungan proyek. Data dalam penelitian ini didapat melalui penyebaran kuesioner, pengamatan langsung, dan wawancara pada Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Olimpiade Sains Terpadu MAN 2 Kudus, kepada Kontraktor sebagai penyedai jasa, Konsultan Manajemen Konstruksi, Sub. Kontraktor serta Mandor di proyek tersebut. Dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA), yaitu suatu metode analisis keselamatan dengan cara mengidentifikasi bahaya pada suatu pekerjaan dan mengendalikan resiko kecelakaan kerja yang akan terjadi saat bekerja. Kemudian melakukan analisa data proyek dengan analisa yang berpedoman standar AZ/NZS 4360:2004. Setelah itu di analisa sehingga didapatkan klasifikasi risiko Low, Medium, High, Very High, selanjutnya dianalisa dengan perhitungan bobot, IKR, sehingga didapatkan hasil untuk membuat pengelompokan indeks resiko dan melakukan penentuan klasifikasi risiko, apakah TIDAK PENTING, PENTING, dan SANGAT PENTING. Berdasarkan hasil analisis yang di dapat dari kuesioner di analisis dengan uji validitas dan reabilitas dan nilai indeks kepentingan relative (IKR). Data yag di analisis dapat di analisis dan di sismpulkan bahwa pada uji validitas semua variabelnya valid, pada uji realibiltas semua variabelnya realibel dan pada nilai IKR di ketahui data dengan faktor “PENTING”. Sehingga dapat di simpulkan bahwa upaya pengendalian di K3 pada proyek dapat di terapkan dan berpengaruh terhaddap kinerja proyek. Kata Kunci : Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3), IKR.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:30
Last Modified: 05 Jan 2023 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25648

Actions (login required)

View Item View Item