ANALISIS MANAJEMEN PROYEK DALAM MENGHINDARI KETERLAMBATAN WAKTU PROYEK (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Gedung Asrama Type 1 MTs Negeri 1 Kudus)

Nadhif, M. Azka Arfin and Afthony, Mohammad Wildan (2022) ANALISIS MANAJEMEN PROYEK DALAM MENGHINDARI KETERLAMBATAN WAKTU PROYEK (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Gedung Asrama Type 1 MTs Negeri 1 Kudus). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30201800116_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Proyek konstruksi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membangun sebuah sarana dan prasarana yang berlangsung dengan jangka waktu yang terbatas dan sumber daya tertentu. Setiap proyek konstruksi pada umumnya mempunyai rencana pelaksanaan dan jadwal pelaksanaan guna untuk mengetahui kapan pelaksanaan proyek tersebut harus dimulai dan harus diselesaikan. Namun kenyataan dilapangan terkadang tidak sesuai dengan yang direncanakan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor keterlambatan, strategi mengantisipasi keterlambatan dan solusi mangatasi keterlambatan di Proyek Pembangunan Gedung Asrama Type 1 MTs Negeri 1 Kudus. Dalam penelitian ini digunakan studi pustaka untuk menyusun kuesioner, yang akan digunakan untuk pengumpulan data kepada pihak yang terkait di Proyek Pembangunan Gedung Asrama Type 1 MTs Negeri 1 Kudus. Setelah data terkumpul dilakukan uji validitas dan reabilitas dengan SPSS v.25, setelah itu dilakukan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil yang mempengaruhi keterlambatan proyek Pembangunan Gedung Asrama Type 1 MTs Negeri 1 Kudus adalah tenaga kerja, bahan, peralatan, karakteristik tempat, manajerial, keuangan, strategi mengantisipasinya adalah manajerial, lingkup pekerjaan, critical path method, matrial dan supplier, alat, subkontraktor, tenaga kerja, design dan metode pelaksanaan, kontrak, site, dan solusi mengatasi keterlambatan adalah sumber daya tambahan, melepas rintangan untuk menjamin agar pekerjaan meningkat dan membawa kembali ke garis rencana, revisi jadwal yang selanjutnya dipakai sebagai dasar penilaian kemajuan pekerjaan berikutnya, meminta pertanggung jawaban kontraktor agar tetap menyelesaikan proyek tepat waktu, memilih metode kerja terbaik dan tercepat, menambah jumlah tenaga kerja, menambah jumlah peralatan, meningkatkan kinerja, mengajukan tambahan waktu kepada owner, membuat kontrak kerja perencanaan dan mengadakan pengawasan. Kata Kunci : Keterlambatan; Strategi; Solusi; Analisis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:26
Last Modified: 05 Jan 2023 06:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25643

Actions (login required)

View Item View Item