PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH JENIS KANTILEVER SERTA PERKUATAN TANAH DENGAN METODE GROUND ANCHOR DI DAERAH GRAHA CANDI GOLF RESIDENCE MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS DAN GEOSTUDIO

Maharani, Kiki Fuan (2022) PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH JENIS KANTILEVER SERTA PERKUATAN TANAH DENGAN METODE GROUND ANCHOR DI DAERAH GRAHA CANDI GOLF RESIDENCE MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS DAN GEOSTUDIO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30201800100_fullpdf.pdf

Download (10MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dinding penahan tanah kantilever adalah konstruksi bangunan yang berfungsi untuk mencegah adanya kelongsoran pada lereng maupun bangunan sipil yang lain. Pada penelitian ini menghitung eksisting DPT di sekitar jalan Graha Candi Golf Residence, Jangli. Ditambahkan perkuatan tanah Ground Anchor. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah Perhitungan Perkerasan Kaku, Pengolahan Data Uji Tanah, dan Ground Anchor menggunakan perhitungan manual dan aplikasi Plaxis 2D 8.6 dan GeoStudio. Hasil pengujian tanah di Laboratorium Mekanika Tanah Unissula adalah 75,80 untuk dispersifitas yang artinya mudah longsor dan diperlukan perkuatan tanah. Hasil perhitungan manual faktor keselamatan dinding penahan tanah kantilever sebelum diberi perkuatan tanah adalah 0,422 untuk stabilitas geser, dan 1,09 untuk stabilitas guling, yang artinya < 1,5 tidak aman. Setelah diberi perkuatan menjadi 2,216. Menggunakan aplikasi Plaxis hasil 1,139 sebelum perkuatan dan 2,230 setelah perkuatan. Aplikasi GeoStudio mendapatkan hasil 0,825 sebelum perkuatan, dan 2,514 setelah perkuatan, Kata kunci: Dinding Penahan Tanah Kantilever. Ground Anchor. Plaxis 8.6. GeoStudio.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:22
Last Modified: 05 Jan 2023 06:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25637

Actions (login required)

View Item View Item