PENGARUH PERBEDAAN KURIKULUM TERHADAP PENGETAHUAN ETIKA PENELITIAN PADA HEWAN COBA Studi Observasional pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran

Pahmi, Zainal (2022) PENGARUH PERBEDAAN KURIKULUM TERHADAP PENGETAHUAN ETIKA PENELITIAN PADA HEWAN COBA Studi Observasional pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800188_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

Penggunaan hewan untuk riset medis sering ditemukan dalam institusi pendidikan kedokteran. Penggunaan hewan tersebut dapat menimbulkan permasalahan atau konflik etika. Pemahaman mengenai tata cara perlakuan hewan untuk riset penting dimiliki agar tidak menyalahi etika dan norma penggunaannya. Pengetahuan mengenai penggunaan hewan untuk riset medis harus mulai diajarkan sejak di tahap pre klinik dengan kurikulum yang tepat. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh perbedaan kurikulum terhadap pengetahuan etika penelitian pada hewan coba. Desain penelitian adalah analitik observasional cross sectional. Sampel penelitian terdiri dari 198 mahasiswa tahap pre klinik FK Unissula Semarang angkatan tahun 2018 dan 2019. Penerapan kurikulum ditunjukkan dari tahun angkatan mahasiswa masuk perkuliahan pendidikan kedokteran, yaitu mahasiswa angkatan 2018 untuk penerapan kurikulum lama dan mahasiswa angkatan 2019 untuk penerapan kurikulum baru, sedangkan pengetahuan etika penelitian pada hewan coba diperoleh dari kuesioner. Perbedaan pengetahuan etika penelitian pada hewan coba menurut kurikulum diuji menggunakan chi square test. Tingkat pengetahuan mahasiswa preklinik secara keseluruhan tergolong cukup (43,4%). Pada penerapan kurikulum lama, tingkat pengetahuan cukup sebanyak 53,1%; baik 37,5% dan kurang 9,4%. Pada penerapan kurikulum baru, jumlah responden dengan tingkat pengetahuan baik, cukup dan kurang masing-masing sebanyak 38,2%; 34,3%; dan 27,5%. Hasil uji chi square diperoleh p = 0,002 (p<0,05) menunjukkan terdapat perbedaan tingkat pengetahuan etika penelitian pada hewan coba antara kurikulum lama dan baru. Diperoleh kesimpulan bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa preklinik tentang etika penelitian pada hewan coba pada kurikulum lama memiliki tingkat pengetahuan yang lebih tinggi daripada kurikulum baru. Kata kunci: Kurikulum, pengetahuan, etika penelitian, hewan coba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:08
Last Modified: 02 Apr 2024 07:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25631

Actions (login required)

View Item View Item