PERBEDAAN NILAI MCQ MAHASISWA SEBELUM DAN SELAMA PEMBELAJARAN DARING ERA PANDEMI COVID -19 Studi Observasi Analitik pada Mahasiswa Bagian Jiwa Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung

Sudjudi, Yassar Maulana (2021) PERBEDAAN NILAI MCQ MAHASISWA SEBELUM DAN SELAMA PEMBELAJARAN DARING ERA PANDEMI COVID -19 Studi Observasi Analitik pada Mahasiswa Bagian Jiwa Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800182_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

MCQ adalah metode assessment dimana setiap satu pertanyaan memiliki beberapa pilihan jawaban dan bersifat objektif. Kepaniteraan Klinik bagian Jiwa FK UNISSULA menerapkan metode ujian MCQ untuk penilaian knowledge. Pada masa pandemi COVID-19, kepaniteraan klinik bagian Jiwa FK UNISSULA menerapkan pembelajaran daring pada awal pandemi COVID-19 untuk melanjutkan pendidikannya serta pembelajaran campuran antara daring dan luring ketika kasus COVID-19 meningkat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara nilai MCQ pembelajaran luring sebelum pandemi dan MCQ pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 pada mahasiswa kepaniteraan klinik bagian jiwa di FK UNISSULA. Penelitian observasional analitik ini menggunakan rancangan cross sectional dan menggunakan subjek dari data rekap nilai mahasiswa bagian jiwa. Subjek penelitian semua mahasiswa FK UNISSULA kepaniteraan klinik bagian jiwa yang berjumlah sebanyak 140 mahasiswa yang terdiri atas kelompok mahasiswa pembelajaran luring sebelum pandemi dan kelompok mahasiswa pembelajaran daring selama pandemi. Peneliti melakukan penelitian di rekap nilai FK UNISSULA pada bulan Oktober 2021. Skala data berupa nominal dan dilakukan Mann Whitney dengan bantuan program SPSS. Hasil Mann Whitney untuk variabel nilai MCQ sebelum pembelajaran daring dan variabel nilai MCQ selama pembelajaran daring didapatkan nilai p = 0,164. Pada penelitian ini, perbedaan nilai rata-rata MCQ sebelum dan selama pembelajaran daring tidak ditemukan perbedaan (p>0,05). Kesimpulan penelitian secara statistik menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara nilai MCQ sebelum dan selama pembelajaran daring di era pandemi COVID-19 pada mahasiswa bagian Jiwa kepaniteraan klinik FK UNISSULA. Kata Kunci : MCQ, pembelajaran daring, COVID-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:03
Last Modified: 02 Apr 2024 06:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25622

Actions (login required)

View Item View Item