ANALISA DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN FONDASI TIANG PANCANG HASIL STANDARD PENETRATION TEST (SPT) PADA GEDUNG TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK NEGERI CILACAP

Nisa, Laviola Oktavia and Maharani, Ifa Agustin (2022) ANALISA DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN FONDASI TIANG PANCANG HASIL STANDARD PENETRATION TEST (SPT) PADA GEDUNG TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK NEGERI CILACAP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30201800103_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (147kB)

Abstract

Pondasi tiang termasuk dalam kategori pondasi dalam, yang berfungsi untuk memindahkan atau memindahkan berat struktur di atasnya ke lapisan tanah yang lebih dalam. Untuk menghindari jatuh di bawah batas keamanan yang ditetapkan, pondasi ini harus mampu menopang beban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji, dengan menggunakan data dari Uji Penetrasi Standar (SPT) di Gedung Teknik Informatika Politeknik Negeri Cilacap, daya dukung dan penurunan pondasi tiang. Penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data sekunder yaitu data penyelidikan tanah dan data perhitungan struktur gedung Teknik Informatika Politeknik Negeri Cilacap. Kemudian kedua data dianalisis kapasitas dukung tanah menggunakan metode Meyerhoff dan penurunan tanah menggunakan metode Vesic. Hasil perhitungan penurunan metode Vesic kemudian dibandingkan dengan hasil penurunan aplikasi plaxis. Hasil perhitungan daya dukung ultimate tiang pada kedalaman 30 meter diperoleh data SPT dengan menggunakan metode Meyerhoff Qult 444,122 Ton serta Qall 177,649 Ton, sedangkan hasil perhitungan daya dukung tiang kelompok diperoleh Qall = 423,692 Ton lebih besar dari gaya aksial fondasi sebesar 415,41 Ton. Untuk hasil perhitungan daya dukung lateral tiang tunggal dengan menggunakan metode Broms diperoleh hasil secara grafis 16,113 Ton . Penurunan tiang pancang tunggal dengan metode Vesic diperoleh hasil 14,825 mm, penurunan dengan program Plaxis diperoleh hasil 12,58 mm, serta penurunan tiang pancang kelompok metode Vesic didapat nilai sebesar 35,02mm dengan penurunan ijin 40 mm. Maka perhitungan penurunan tiang tunggal ataupun tiang kelompok masih memenuhi syarat batas yang diijinkan. Perbedaan daya dukung dan penurunan tersebut dapat disebabkan oleh perbedaan jenis tanah dan perbedaan parameter yang digunakan dalam perhitungan. Kata Kunci: Daya dukung, SPT , Tiang pancang, Penurunan, Fondasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 06:55
Last Modified: 30 Dec 2022 06:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25612

Actions (login required)

View Item View Item