HUBUNGAN INSUFISIENSI GINJAL DENGAN DERAJAT STENOSIS BERDASARKAN GENSINI SCORE Studi Observasi Pada Pasien Penyakit Jantung Koroner di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang

Fauziah, Untarifah Nurul Fikri (2022) HUBUNGAN INSUFISIENSI GINJAL DENGAN DERAJAT STENOSIS BERDASARKAN GENSINI SCORE Studi Observasi Pada Pasien Penyakit Jantung Koroner di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800175_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)

Abstract

Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah penyebab utama mortalitas di dunia. PJK terjadi akibat penumpukan plak yang menyumbat lumen pembuluh darah sehingga aliran darah koronaria berkurang. Tingkat keparahan PJK dapat ditentukan menggunakan skoring gensini dengan melihat dari derajat keparahan stenosis dan letak lesi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan insufisiensi ginjal terhadap derajat stenosis dan mencari faktor resiko lain yang berpengaruh terhadap PJK. Jenis penelitian adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan cross-sectional. Subjek penelitian berasal dari RSI Sultan Agung Semarang berupa data rekam medik pasien periode 2016-2021 dengan teknik pengambilan sampel secara consecutive sampling. Jumlah sampel sebanyak 817 pasien dari total populasi 1173 pasien. Sampel pada penelitian ini berupa data kategorik akan dilakukan uji korelasi dan analisis multivariat berupa uji regresi logistik. Hasil analisis uji Chi Square pada variabel insufisiensi ginjal terhadap derajat stenosis didapatkan p-value 0,001 (<0,05) dengan nilai contingency coefficient sebesar 0,145. Kemudian untuk hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa dislipidemia, diabetes mellitus, jenis kelamin, dan usia menjadi faktor risiko PJK. Faktor risiko paling dominan adalah usia dengan OR = 4.537 (95% CI OR : 2.411 – 8.538). Kesimpulan penelitian ini, terdapat hubungan antara derajat insufisiensi ginjal dengan derajat stenosis angiografi pada pasien PJK di RSI Sultan Agung Semarang dan faktor risiko lain yang paling berpengaruh setelah derajat insufisiensi ginjal pada pasien PJK adalah dislipidemia, diabetes mellitus, jenis kelamin, dan usia. Kata Kunci: PJK, Insufisiensi Ginjal, Merokok, DM, Dislipidemia, Hipertensi, Jenis Kelamin, Usia, Obesitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 06:45
Last Modified: 03 Apr 2024 07:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25608

Actions (login required)

View Item View Item