HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI DAERAH ENDEMIS DAN SPORADIS Studi Observasional di Kecamatan Belitang dan Kecamatan Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

Kurniasari, Selfi (2022) HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI DAERAH ENDEMIS DAN SPORADIS Studi Observasional di Kecamatan Belitang dan Kecamatan Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800162_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)

Abstract

Demam berdarah Dengue adalah infeksi menular melalui gigitan nyamuk Ae.aegypti. Penyakit DBD merupakan penyakit yang berhubungan dengan lingkungan, sanitasi lingkungan yang kurang baik dapat menyebabkan kontak dengan nyamuk Ae.aegypti semakin besar dan berpotensi untuk menjadi tempat pertumbuhan nyamuk Ae.aegypti. Penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan antara sanitasi lingkungan dengan kejadian DBD di daerah endemis dan sporadis. Penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Subjek penelitian berasal dari kecamatan di daerah Endemis dan Sporadis dengan pengambilan sampel secara cluster random sampling. Jumlah orang yang diteliti yaitu sebanyak 200 orang. Penelitian dilakukan dari Juli 2021 sampai dengan Agustus 2021. Skala data berupa kategorik dan dilakukan ujifisher exact karena tidak memenuhi syarat untuk uji chisquare. Hasil penelitian menggunakan uji analisis Fisher exact untuk variabel tempat penampungan air dengan kejadian DBD didapatkanp 0,000 <0,05, kemudian untuk variabel sistem pembungan sampah dengan kejadian DBD didapatkan nilai p 0,008<0,05 dan untuk variabel kondisi lingkungan rumah dengan kasus DBD didapatkan hasil p 0,027 <0,05. Pada penelitian ini, Daerah Sporadis tidak ditemukan kasus DBD. Karena tidak didapatkan kasus DBD di daerah sporadis maka tidak dapat dilakukan olah data menggunakan SPSS dan analisa kasus menggunakan tabel distribusi frekuensi. Kesimpulan penelitian menunjukkan adanya hubungan antara sanitasi lingkungan dengan kejadian DBD di daerah Endemis dan pada penelitian ini tidak ditemukan kasus DBD di daerah sporadis sehingga tidak dapat di uji menggunakan SPSS. KataKunci: DDB, Sanitasi lingkungan, Endemis, Sporadis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 06:22
Last Modified: 03 Apr 2024 02:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25584

Actions (login required)

View Item View Item