PENGARUH OBESITAS TERHADAP KADAR STATUS ANTIOKSIDAN TOTAL DALAM TUBUH Studi Eksperimental Pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar (Rattus norvegicus)

ARIAWAN, RIJAL ADANI (2022) PENGARUH OBESITAS TERHADAP KADAR STATUS ANTIOKSIDAN TOTAL DALAM TUBUH Studi Eksperimental Pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar (Rattus norvegicus). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800151_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)

Abstract

Pendahuluan: Kejadian obesitas yang terjadi di masyarakat Indonesia masih cukup tinggi. Penyebab obesitas adalah pola makan masyarakat Indonesia yang berlebihan dan tidak terkontrol. Obesitas merupakan salah satu faktor risiko yang menyebabkan terjadinya radikal bebas dan dapat mempengaruhi kadar antioksidan di dalam tubuh. Tujuan: Untuk menganalisis pengaruh obesitas terhadap kadar Status Antioksidan Total (SAT) pada tikus putih jantan galur wistar (Rattus norvegicus). Metode: Penelitian eksperimental dengan desain penelitian pre test post test control group design. Subjek pada penelitian ini adalah tikus putih jantan galur Wistar dengan sampel sebanyak 32 ekor yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol yang diberi pakan standar dan kelompok perlakuan obesitas yang diberi pakan tinggi lemak. Hasil: Pengukuran kadar SAT menggunakan uji Paired T – test menunjukkan kadar SAT yang lebih rendah pada kelompok perlakuan (0,62 ± 0,17) dibandingkan dengan kelompok kontrol (0,78 ± 0,84). Kesimpulan: Terdapat pengaruh obesitas terhadap penurunan kadar Status Antioksidan total (SAT) pada tikus jantan galur wistar yang diberi perlakuan. Kata Kunci: Obesitas, Kadar SAT, ELISA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:02
Last Modified: 02 Apr 2024 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25569

Actions (login required)

View Item View Item