HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN KEJADIAN AKNE VULGARIS (Studi Observasional Analitik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung)

Fajriyati, Nurul (2022) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN KEJADIAN AKNE VULGARIS (Studi Observasional Analitik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800136_fullpdf.pdf

Download (967kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)

Abstract

Akne vulgaris ialah penyakit pada kulit yang berhubungan dengan folikel sebasea. Biasanya muncul setelah masa pubertas dan dapat berlanjut hingga usia 40-50 tahun, walaupun demikian dapat dijumpai pada anak yang belum pubertas. Kualitas tidur seseorang berhubungan dengan hormon androgen yang memberikan dampak penyakit kulit. Kualitas tidur yang tidak baik akan berpengaruh terhadap menurunnya hormon melatonin yang menyebabkan meningkatnya hormon androgen sehingga produksi sebum meningkat dan menjadi awal pembentukan akne. Tujuan penelitian ini guna mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan kejadian akne vulgaris pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung. Jenis penelitian observasional analitik design cross sectional. Penelitian dilakukan dari bulan Januari sampai Februari 2022. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung angkatan 2018. Besar sampel penelitian sebanyak 106 sampel dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposif sampling. Data dianalisis menggunakan uji Chi square. Hasil kualitas tidur yang buruk dan sedang dengan akne vulgaris sejumlah 18 responden (50,0%), kualitas tidur ringan dengan akne vulgaris sejumlah 9 responden (28,1%) dan kualitas tidur yang baik dengan akne vulgaris sejumlah 9 responden (23,7%). Dari uji chi square didapatkan nilai p sebesar 0,041 (p<0,05) dengan maksud bahwa kualitas tidur memiliki hubungan terhadap kejadian akne vulgaris pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung. Kesimpulan penelitian menunjukkan ditemukan adanya hubungan antara kualitas tidur dengan kejadian akne vulgaris pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung. Kata Kunci : Kualitas Tidur, Akne Vulgaris

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:37
Last Modified: 02 Apr 2024 07:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25541

Actions (login required)

View Item View Item