PENGARUH EKSTRAK KULIT BAWANG PUTIH ( Allium sativum Linn ) TERHADAP JUMLAH LEUKOSIT PADA SINUSITIS AKUT BAKTERIAL (Studi Eksperimental terhadap Tikus Putih Jantan Rattus Novergicus Galur Sprague dawley yang diinduksi Staphylococcus aureus )

Maysaroh, Nurmalisa (2022) PENGARUH EKSTRAK KULIT BAWANG PUTIH ( Allium sativum Linn ) TERHADAP JUMLAH LEUKOSIT PADA SINUSITIS AKUT BAKTERIAL (Studi Eksperimental terhadap Tikus Putih Jantan Rattus Novergicus Galur Sprague dawley yang diinduksi Staphylococcus aureus ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800134_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Sinusitis akut bakterial merupakan sebuah penyakit yang dapat menimbulkan proses inflamasi serta dapat menyebabkan peningkatan jumlah leukosit. Sinusitis yang berlanjut dan tidak mendapatkan terapi yang tepat dapat menyebabkan sinusitis kronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak kulit bawang putih ( Allium sativum linn ) sebagai terapi sinusitis akut bakteri terhadap jumlah leukosit. Penelitian eksperimental dengan design post-test only control group ini terdapat 28 tikus jantan galur Sprague dawley yang mana terbagi menjadi 4 kelompok, diantaranya yaitu kelompok kontrol, kelompok tikus sinusitis akut bakteri tanpa diberi pengobatan, kelompok tikus sinusitis akut bakteri dengan pengobatan antibiotik amoxicillin dan prednisolone, dan kelompok tikus sinusitis akut bakteri dengan pengobatan antibiotik amoxicillin dan ekstrak kulit bawang putih. Penelitian ini berlangsung selama 21 hari, dimana pada hari ke 22 sampel darah dari vena orbita diambil dan dilakukan penghitungan jumlah leukosit dengan Automatic Hematology Analyzer. Rerata jumlah leukosit pada setiap kelompok secara berurutan adalah 6,45 ± 0,18 x103/l.; 12,23 ± 0,15 x103/l.; 11,85 ± 0,10 x103/l.; 11,06 ± 0,11 x103/l. Analisis data menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen, selanjutnya dilakukan uji One Way ANOVA hasilnya menunjukkan perbedaan bermakna pada keempat kelompok (p<0,05). Dilanjutkan Uji Post Hoc LSD yang juga menunjukan hasil perbedaan yang signifikan pada tiap kelompok (p<0,001). Pemberian ekstrak kulit bawang putih (Allium sativum Linn) berpengaruh terhadap jumlah leukosit pada tikus sinusitis akut bakteri yang diinduksi Staphylococcus Aureus. Kata Kunci: Sinusitis akut bakterial, Ekstrak kulit bawang putih (Allium sativum Linn), Antiinflamasi, Leukosit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:02
Last Modified: 03 Apr 2024 02:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25536

Actions (login required)

View Item View Item