HUBUNGAN MOTIVASI DAN TASK VALUE TERHADAP NILAI MCQ MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 Studi Deskriptif Analitik terhadap Mahasiswa Pendidikan Dokter FK UNISSULA Semarang

Ramadhan, Naufal Alif (2021) HUBUNGAN MOTIVASI DAN TASK VALUE TERHADAP NILAI MCQ MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 Studi Deskriptif Analitik terhadap Mahasiswa Pendidikan Dokter FK UNISSULA Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800129_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

Latar belakang: Coronavirus disease-19 (covid-19) diumumkan kasus pertamanya pada tanggal 3 maret 2020 di Indonesia dan tersebar secara cepat sehingga Indonesia termasuk dalam negara yang terdampak pada banyak aspek termasuk didalamnya dunia pendidikan, akibatnya pembelajaran harus dilakukan secara online sehingga mahasiswa dengan dosen maupun mahasiswa dengan mahasiswa dapat dikuragi kontak fisiknya. Motivasi belajar menjadi salah satu tantangan tersendiri dalam pelaksanaan pembelajaran via online karena motivasi belajar merupakan suatu hal yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi intrinsik, ekstrinsik dan task value mahasiswa FK Unissula dan kaitannya dengan nilai MCQ saat pembelajaran ketika pandemi covid-19. Metode: Studi observasional analitik dengan desain cross-sectional. Populasi adalah mahasiswa FK Unissula angkatan 2018, 2019 dan, 2020. Sampel studi merupakan populasi yang mengikuti modul pada semester gasal TA 2021/2022 dan bersedia mengisi kuesioner. Data penelitian berupa data primer yang diperoleh dari Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) dan data sekunder nilai MCQ dari PSPK UNISSULA. Hubungan antar variabel dianalisis dengan uji korelasi spearman. Hasil: Tingkat motivasi intrinsik, ekstrinsik dan task value responden pada studi ini tinggi, masing-masing sebesar 57,5%; 59,8%; dan 83,4%. Uji korelasi variabel dengan Spearman menghasilkan p-value sebesar 0,196; 0,975 dan 0,000 untuk motivasi intrinsik, ekstrinsik dan task value dengan nilai MCQ. Task value berkorelasi signifikan terhadap nilai MCQ namun motivasi intrinsik dan ekstrinsik tidak berkorelasi signifikan terhadap nilai MCQ. Kesimpulan: Motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik tidak berkorelasi bermakna, sedangkan task value memiliki korelasi terhadap nilai MCQ. Kata kunci: Motivasi ekstrinsik, motivasi intrinsik, task value, multiple choice question (MCQ).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:56
Last Modified: 30 Dec 2022 02:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25530

Actions (login required)

View Item View Item