PENGARUH OMENTOPLASTI PANKREAS DAN MSCs TERHADAP KADAR IL-1β DAN INDEKS RESISTENSI INSULIN (Studi Eksperimental Pada Tikus Obesitas yang Dilakukan Sleeve Gastrectomy)

Hilmi, Muhammad Naufal (2022) PENGARUH OMENTOPLASTI PANKREAS DAN MSCs TERHADAP KADAR IL-1β DAN INDEKS RESISTENSI INSULIN (Studi Eksperimental Pada Tikus Obesitas yang Dilakukan Sleeve Gastrectomy). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800116_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Obesitas merupakan peningkatan akumulasi asam lemak yang menyebabkan terjadi proses inflamasi. Proses inflamasi tidak terlepas dari peran sitokin. Salah satu sitokin pro-inflamasi yang menyebabkan resistensi insulin adalah IL-1β. Inflamasi dapat menurunkan sensitivitas insulin dan menyebabkan atau diabetes melitus tipe 2 (DMT2). Kondisi tersebut dapat dilakukan operasi bariatric pada pasien obesitas dengan DMT2 dan terapi adjuvant yaitu tindakan omentoplasti pankreas dan injeksi Mesencymal Stem Cell (MSCs). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh omentoplasti pankreas dan pemberian MSCs terhadap kadar IL-1β dan indeks resistensi insulin pada tikus obesitas yang dilakukan Sleeve gastrectomy. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan post test only control group design. Sampel penelitian menggunakan 24 ekor tikus jantan Galur Wistar yang dibagi menjadi 4 kelompok yaitu kelompok kontrol negatif Sham, kelompok kontrol positif Sleeve gastrectomy, kelompok perlakuan Sleeve gastrectomy dengan omentoplasti pankreas dan kelompok perlakuan Sleeve gastrectomy dengan pemberian MSCs intraperitoneal. Hasil Kelompok perlakuan Sleeve gastrectomy dengan injeksi MSCs memiliki nilai p<0,05 saat dibandingkan dengan seluruh kelompok penelitian selain itu kelompok perlakuan Sleeve gastrectomy dengan omentoplasti saat dibandingkan dengan kelompok kontrol Sleeve gastrectomy memiliki nilai p<0,05 pada kadar IL-1β. Indeks Resistensi Insulin memiliki hasil p<0,05 pada seluruh kelompok penelitian. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian MSCs pasca Sleeve gastrectomy memiliki hasil yang signifikan terhadap penurunan kadar kadar IL-1β dan Indeks Resistensi Insulin. Tindakan omentoplasti pasca Sleeve gastrectomy memiliki hasil yang signifikan terhadap penurunan kadar kadar IL-1β dan memiliki hasil yang sifnifikan terhadap penurunan Indeks Resistensi Insulin pada tikus obesitas dengan DMT2. Kata kunci: IL-1β, DMT2, Indeks Resistensi Insulin, Obesitas, Sleeve gastrectomy, Omentoplasty Pankreas, MSCs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:41
Last Modified: 02 Apr 2024 07:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25512

Actions (login required)

View Item View Item