HUBUNGAN ANTARA PERILAKU HIGIENE DAN KEAMANAN PANGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA (Studi Cross Sectional di Desa Purwawinangun, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat)

Sasman, Muhammad Faris (2022) HUBUNGAN ANTARA PERILAKU HIGIENE DAN KEAMANAN PANGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA (Studi Cross Sectional di Desa Purwawinangun, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800113_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Kualitas dan keamanan makanan perlu dijaga untuk menghindai munculnya penyakit akibat makanan (food borne disease), salah satunya diare. Rendahnya perilaku higiene dan keamanan pangan pada orang tua diduga dapat meningkatkan kejadian diare pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengerahui hubungan antara perilaku higiene dan keamanan pangan kejadian diare pada balita di Desa Purwawinangun, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional dengan pengambilan sampel melalui consecutive sampling. Sampel penelitian adalah 36 orang ibu yang mempunyai balita di Desa Purwawinangun pada bulan September 2021. Perilaku higienie dan keamanan pangan dan kejadian diare diukur menggunakan kuisoner yang diisi responden. Data dianalisis menggunakan Fisher Exact Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebangyak 58,3% Ibu yang memiliki perilaku higinie buruk memiliki balita yang menggalami diare, sedangkan sebanyak 83,3% Ibu yang memiliki perilaku higine baik memiliki anak yang tidak mengalami diare. Hasil uji Fisher’s Exact Test diperoleh p-value 0,020 < 0,05 sehingga terdapat hubungan signifikan antara higienie dengan kejadian diare. Perilaku higienie dan keamanan pangan pada Ibu berhubungan dengan kejadian diare pada balita di Desa Purwawinangun, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kata kunci : higienie, keamanan pangan, kejadian diare, kontaminas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:36
Last Modified: 03 Apr 2024 02:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25510

Actions (login required)

View Item View Item