ANALISIS MANAJEMEN PEMBANGUNAN PERUMAHAN BERBASIS KOMUNITAS BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH (MBR) (Studi Kasus : Perumahan Bersemi di Desa Paguyangan Kabupaten Brebes)

Syifa, Camelia Nur and Zain, Nurrahmania Reza (2022) ANALISIS MANAJEMEN PEMBANGUNAN PERUMAHAN BERBASIS KOMUNITAS BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH (MBR) (Studi Kasus : Perumahan Bersemi di Desa Paguyangan Kabupaten Brebes). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30201800035_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)

Abstract

Rumah adalah salah satu kebutuhan dasar bagi manusia, dimana rumah sebagai sarana tempat tinggal dan tempat aktivitas penghuninya serta sebagai sarana edukasi penghuninya. Dengan jumlah penduduk terbanyak rangking 2 (dua) di Jawa Tengah, maka kebutuhan tentang tempat hunian yang layak huni, representatif dan terjangkau menjadi pernasalahan di Kabupaten Brebes, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hunian perumahan bagi Mayarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Pemerintah Kabupaten Brebes melakukan terobosan dengan bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan Komunitas atau paguyuban masyarakat untuk membuat program “tuku lemah olih umah” mengunakan konstruksi RUSPIN. Penelitian ini menggunakan metode analisis studi komparasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan teknik analisis data oleh pendapat Miles dan Huberman. Data primer didapatkan dari hasil wawancara dan data sekunder dari data arsip. Penelitian ini menganalisis konsep pembangunan, pemebentukan komunitas, mekanisme pengadaan tanah, desain konstruksi RUSPIN, mekanisme pelaksanaan pembangunannya. Konsep pembangunan terdiri dari latar belakang,realita pembangunan,bantuan pemerintah. Mekanisme pembentukan komunitas terdiri dari sosialisasi,bantuan teknis,bantuan sarana dan pra sarana. Mekanisme pengadaan tanah yaitu komunitas membeli tanah dengan harga Rp. 46.000.000 terlebih dahulu yang kemudian di beri bantuan pemerintah rumah dengan harga Rp. 35.000.000. Desain konstruksinya memiliki 2 struktur komponen dan baja tulangan. Mekanisme pelaksanaannya yaitu pemasangan pondasi,perakitan RUSPIN, pemasangan dinding dan atap. Kata kunci : RUSPIN, Masyarakat Berpenghasilan Rendah, bantuan pemerintah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:35
Last Modified: 30 Dec 2022 02:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25509

Actions (login required)

View Item View Item