HUBUNGAN KADAR GULA DARAH DENGAN ANGKA KEJADIAN STROKE DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG (Studi Observasional Analitik di RSI Sultan Agung Semarang)

Hermawan, Muhamad Danang Yuda (2022) HUBUNGAN KADAR GULA DARAH DENGAN ANGKA KEJADIAN STROKE DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG (Studi Observasional Analitik di RSI Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800109_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)

Abstract

Latar Belakang : Stroke non hemoragik ialah pembuluh darah yang tersumbat, sehingga berakibat aliran darah yang menuju ke otak sebagian dan seluruhnya berhenti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kadar gula darah sewaktu dengan kejadian stroke non hemorargik di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Dalam waktu 48 jam pertama pada pasien stroke akut kadar gulanya akan mengalami peningkatan, baik yang terdeteksi DM ataupun tidak, akan berpengaruh terhadap tingkat kematian dan morbiditas penderitanya (Gentile et al, 2006). DM menaikkan risiko hampir 2-3x lipat untuk terserang stroke, baik stroke pertama atau ulang. DM diduga selaku faktor independen kematian pada penderita stroke stroke (Hamidon, 2003). Metode : Penelitian ini berjenis observasi analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Teknik yang digunakan dalam proses pengambilan sampel memakai tehnik non probability sampling jenis consecutive sampling dimana seluruh subyek sesuai dengan kriteria-kriteria inklusi serta eksklusi yang sudah ditentukan. Penelitian ini dilaksanakan di RSI-SA Semarang dengan rentang waktu satu tahun (tanggal 1 Januari 2020 hingga 31 Desember 2020). Hasil : Hasil penelitian di RSI Sultan Agung Semarang periode 1 Januari 2020 sampai 30 Desember 2020 di dapatkan sebanyak 30 responden dengan Diabetes Melitus diantaranya 8 responden dengan kadar gula darah sewaktu terkontrol dan 22 responden dengan kadar gula darah buruk, sebanyak 30 responden adalah penderita stroke non hemorargik dengan Diabetes Melitus, dari hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan kadar gula darah dengan angka kejadian stroke di RSI Sultan Agung Semarang, didapatkan p value = 0,001 Kesimpulan : Terdapat hubungan antara kadar gula darah dengan kejadian stroke. Kata Kunci : Stroke, Kadar Gula, Diabetes Militus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:23
Last Modified: 30 Dec 2022 02:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25501

Actions (login required)

View Item View Item