KARAKTERISTIK IBU HAMIL DENGAN PERSALINAN NORMAL SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI RUJUKAN BERJENJANG (Studi Observasi di Poliklinik Obsgyn Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Hanun, Mufti Huwaida (2022) KARAKTERISTIK IBU HAMIL DENGAN PERSALINAN NORMAL SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI RUJUKAN BERJENJANG (Studi Observasi di Poliklinik Obsgyn Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800108_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)

Abstract

Persalinan normal masih ditemukan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) yang seharusnya ditangani oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP), kondisi tersebut dipengaruhi karakteristik ibu hamil seperti usia, pendidikan, status obstetri, dan diagnosis persalinan. Rujukan berjenjang dimaksudkan untuk menurunkan persalinan normal di FKRTL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan karakteristik ibu hamil dengan persalinan normal sebelum dan sesudah implementasi rujukan berjenjang di RSI Sultan Agung Semarang. Penelitian cross sectional dengan data rekam medis pasien yang melakukan persalinan normal pada 1 tahun sebelum dan sesudah implementasi rujukan berjenjang, yaitu Januari 2017-Desember 2017 dan Juli 2018-Juni 2019. Analisis data dilakukan dengan uji Mann-Whitney untuk variabel usia, uji Chi-Square untuk pendidikan dan diagnosis persalinan, uji Fisher Exact untuk status obstetri. Hasil penelitian didapatkan bahwa tidak didapatkan perbedaan karakteristik ibu bersalin normal seperti usia, pendidikan, status obstetri antara sebelum dan sesudah implementasi rujukan berjenjang, dengan usia rata-rata 29,7 dan 28,9 tahun (p=0,330), pendidikan terbanyak adalah pendidikan dasar dan menengah (p=0,051), untuk status obstetri terbanyak adalah primipara dan nulipara (p=0,548). Sedangkan hasil untuk karakteristik diagnosis persalinan sebelum dan sesudah implementasi rujukan berjenjang terdapat perbedaan dengan faktor risiko terbanyak adalah Kehamilan Risiko Tinggi untuk sebelum rujukan dan Kehamilan Risiko Sangat Tinggi untuk sesudah rujukan berjenjang (p=0,005). Implementasi rujukan berjenjang tidak berpengaruh terhadap karakteristik ibu hamil usia, pendidikan, status obstetri namun berpengaruh terhadap diagnosis persalinan normal. Kata kunci : persalinan normal, rujukan berjenjang, skor Poedji Rochjati, karakteristik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:22
Last Modified: 02 Apr 2024 07:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25500

Actions (login required)

View Item View Item